Ternyata, Ini Fungsi Concealer yang Belum Kamu Tahu!

Paling umum concealer dipakai di bawah mata (Foto: Canva)

Paling umum concealer dipakai di bawah mata (Foto: Canva)

Like

Concealer jadi salah satu make up yang mungkin enggak sepopuler lipstik atau bedak. Penggunaannya juga enggak semasif bedak atau lipstik. Padahal concealer ini punya banyak fungsi tersembunyi lho!

Mungkin karena fungsinya tersembunyi ya, makanya banyak yang enggak tahu dan mengira concealer hanya untuk menutupi kantung mata hitam saja. 

Mungkin banyak juga yang tidak memiliki concealer di pouch make up-nya. Bahkan concealer tidak masuk dalam make up primer yang harus dibawa oleh sebagian besar orang.

Padahal concealer ini punya beberapa fungsi yang membuatnya jadi make up yang compact, alias praktis. 


5 Fungsi Concealer yang Harus Kamu Tahu!


1. Menutupi Kantung Mata


Sudah jelas dong  bahwa fungsi dari concealer seperti yang kita tahu selama ini adalah untuk menutupi kantung mata, khususnya kantung mata hitam.


Baca Juga: Review Cushion ESQA: Make Up dan Skin Care di Satu Produk

Concealer memang diformulasikan untuk menutupi area bawah mata yang gelap, tapi penggunaannya perlu hati-hati karena jika shade salah malah membuat terlihat abu-abu.


2. Menutupi Bekas Jerawat dan Flek


Mungkin ini sudah banyak yang menerapkan, tapi banyak juga yang masih belum tahu. Bekas jerawat terkadang menimbulkan efek negatif di kulit. Entah kemerahan atau kehitaman. 

Namun, jika jerawat masih meradang tidak dianjurkan untuk menggunakan concealer karena justru akan memperparah gejala radang jerawat. 

Caranya hanya tinggal usap merata concealer pada kulit bekas jerawat. Jangan terlalu tebal, biarkan kulit tetap bernapas. Ratakan dengan tangan, brush, atau spons make up.


3. Meratakan Warna Kulit


Ternyata concealer punya fungsi yang mirip dengan bedak atau cushion, yaitu meratakan warna kulit yang belang hingga terlihat cerah merata. 

Cara ini bisa digunakan saat kamu kepepet karena kehabisan foundation atau cushion. Untuk memaksimalkan fungsi concealer yang satu ini, pastikan memilih shade concealer yang sesuai dengan skintone dan undertone kulitmu.


4. Eyeshadow Base


Siapa yang selama ini dalam menggunakan eyeshadow langsung usapkan saja tanpa preparasi kelopak mata dahulu? Padahal mempersiapkan kelopak mata itu penting agar eyeshadow menempel lama. 

Baca Juga: Tips Pilih Bedak untuk Hasil Makeup On Point

Caranya cukup dengan aplikasikan concealer secukupnya pada kelopak mata dan ratakan. Setelah itu baru timpa dengan eyeshadow. Tapi kamu harus menunggu concealer set sebelum mengaplikasikan eyeshadow.


5. Mempertegas Area Wajah


Mungkin banyak orang yang berpikir untuk mempertegas area wajah hanya bisa menggunakan bronzer. Tapi, concealer juga bisa digunakan untuk mempertegas area wajah tertentu lho.

Teknik mempertegas area wajah dikenal juga dengan highlight. Kamu bisa gunakan concealer di bagian hidung, dagu, pelipis, tulang pipi dan bagian lainnya. 

Mana yang sudah kamu praktikan Be-emers?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.