Bahaya Orange Juice Effect di Dunia Kerja

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Semakin banyak istilah yang muncul untuk menggambarkan kondisi di dunia kerja. Kali ini kita akan berkenalan dengan istilah baru, Orange Juice Effect!

Siapa yang enggak tahu orange juice atau jus jeruk. Mungkin, Be-emers salah satunya yang suka jus segar ini. Tapi sayangnya, orange juice effect enggak ada hubungannya dengan jus jeruk, justru berkonotasi negatif.

Sebenarnya, orange juice effect adalah hal yang lumrah terjadi di dunia kerja. Bahkan mungkin sudah terjadi jauh beberapa tahun yang lalu. 


Apa itu Orange Juice Effect?


Orange juice effect mungkin sudah sering dirasakan oleh para pekerja di kantor, tapi belum banyak yang tahu betul apa sebenarnya istilahnya.

Orange juice effect adalah fenomena ketika sepersekian kecil performa yang kurang bagus bakal berpengaruh besar pada hasil kerja secara keseluruhan, output yang dihasilkan pun turut terpengaruh.


Ilustrasi mudahnya, ketika mau membuat jus jeruk yang enak makan kita membutuhkan semua jeruk yang berkualitas baik. Kalau saja ada satu buah jeruk kualitasnya jelek dan bercampur dengan buah lain maka rasa jusnya akan berubah.

Bisa jadi rasa jusnya akan berubah menjadi asam, atau bahkan pahit, intinya akan ada rasa tidak segar yang tercicip di lidah.


Bagaimana Contoh Orange Juice Effect di Dunia Kerja?


Kurang lebih di dunia kerja praktiknya seperti ini, kalau ada satu karyawan saja yang kurang berkualitas atau kurang perform, maka sangat mempengaruhi output perusahaan atau tim secara keseluruhan.

Apalagi kalau orang ini menduduki posisi yang krusial. Hasil kerja tim bisa jadi berantakan karena kepalanya enggak bisa mengatur anak buahnya.

Nah, ini jadi pelajaran bagi para kepala tim untuk selalu memperhatikan bagaimana kondisi timnya. Jika ada anggota tim yang menunjukan gejala orange juice effect maka sebagai kepala tim harus bisa member mentoring agar tidak berdampak pada kinerja seluruh tim.

Dalam ranah kerja, orange juice effect ini diam-diam berbahaya lho Be-emers. 

Yah, di mana pun terjadinya, orange juice effect bisa berdampak buruk pada orang-orang yang mengalaminya. Semoga kamu enggak ya, Be-emers!

Ada yang lagi ngalamin? Share dong di kolom komentar!

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda