Ternyata Kopi Adalah Bisnis yang Sangat Menguntungkan!

Bisnis yang Menguntungkan (Foto: pixabay.com)

Bisnis yang Menguntungkan (Foto: pixabay.com)

Like

Kamu pastinya sadar jika belakangan ini usaha kopi susu dalam kemasan botol lagi hits di masyarakat. Bisa dibilang kopi dalam botol menjadi bisnis yang menguntungkan di masa pandemi ini.

Jika ingin belajar bisnis, tidak adalah salahnya mencoba usaha satu ini. Buktinya dilansir dari Bisnis.com, kopi literan menjadi hits semasa pandemi ini. 

Nah, Ketika mulai bisnis kopi, sebaiknya fokus pada bahan utama dan peralatanya lebih dulu. Bahan pokok utama, alat masak, alat penyajian, serta kemasan bisa dikatakan sebagai prioritas dalam bisnis satu ini.

Berikut, bahan dan alat yang diperlukan dalam bisnis kopi botol. Bahan Pokok dan Peralatan Penting yang Perlu Disiapkan dalam Bisnis Kopi Botol


Kopi

Tentu saja dalam bisnis ini, kopi adalah bahan utama dan wajib untuk disiapkan. Ada banyak tipe varian kopi yang bisa dipilih, robusta, arabika, bijian, atau bubuk. Bagi pemula dalam bisnis ini, sangat disarankan untuk memilih kopi bubuk yang berkualitas sehat. 

Hal ini karena kopi bubuk lebih menguntungkan untuk kamu yang tidak begitu paham kopi. Bubuk kopi sudah dikemas dengan rapi, kering, dan berkualitas. Dari semua jenis kopi bubuk, plain black paling penting untuk disiapkan.



Gula atau Pemanis

Gula pada kopi biasanya akan tergantung selera pelanggan, untuk menyiasati hal ini maka bisa menggunakan berbagai macam pemanis.

Tidak harus gula pasir, mungkin brown sugar bisa menjadi pilihan. Nah biar rasa konsisten, sebaiknya buat racikan sirup dari gula yang kamu suka.


Susu

Meskipun tidak semua bisnis kopi botol akan mengandung susu, namun tetap pastikan menggunakan susu kualitas terbaik. Untuk mendapatkan kopi susu yang kental, maka bisa menggunakan susu full cream atau whole milk.


Es Batu

Dalam bisnis yang menguntungkan ini, es batu akan membuat rasa kopi menjadi lebih nikmat. So, jangan sampai lupa bahan satu ini ya!

Apalagi saat ini sudah banyak produsen es batu silinder atau cube yang diproduksi secara khusus, jadi kualitasnya lebih terjamin. 


Espresso Maker

Kalau kamu belum terlalu mahir dan juga minim budget, maka bisa menggunakan manual espresso maker. Memang lebih memerlukan banyak tenaga, tapi alat ini bisa mengasah ilmu kopimu. Jangan khawatir, rasa kopinya tidak berbeda jauh dengan yang menggunakan mesin.


Stainless Steel Measuring Cup

Pastikan kamu menggunakan alat dari stainless steel, sebab alat ini akan menjamin tidak ada noda yang larut di dalam kopi saat dicampur. Selain itu, pastikan stainless steel ini memiliki takaran biar lebih mudah dalam meracik minuman.


Timbangan

Mengapa perlu timbangan? Kopi yang sempurna ketika rasio bubuk kopi dan air ditakar dengan pas. Timbangan membuat ukuran kopi menjadi konsisten.

Menggunakan sendok ukur terlalu berisiko menghasilkan ukuran yang berbeda, untuk itu perlu timbangan agar racikan kopi pas.


Termometer

Susu didih 100 C merupakan suhu yang pas untuk menyeduh kopi. Untuk memulai bisnis yang menguntungkan ini, kamu perlu termometer agar dapat seduhan kopi yang sempurna.

Pasalnya, menjaga kualitas produk adalah modal penting untuk kesetiaan pelanggan.


Botol

Bisnis kopi botol, tentu saja memerlukan botol sebagai kemasan. Untuk itu, pastikan kemasan botol ini sesuai dengan kebutuhan. Yang paling penting, sesuaikan ukuran botol dengan harga pokok penjualan dan harga jual yang sudah ditentukan.

Itulah beberapa bahan dan juga peralatan yang dibutuhkan dalam memulai bisnis kopi botolan. Mudah bukan caranya? Jika konsisten dan memiliki tekat kuat untuk bisa sukses, bisa dipastikan usaha yang kamu bangun akan lancar dan sukses. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Nah, di Bisnis Muda kamu bisa menemukan banyak sekali inspirasi bisnis nih. Jangan lupa simak inspirasi peluang usaha lainnya, yah!