United Tractors Bukan Cuma Jualan Traktor, Ini 6 Jenis Bisnisnya

Salah satu produk United Tractors yakni alat berat. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Salah satu produk United Tractors yakni alat berat. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Like

Be-Emers yang tinggal atau sering melewati daerah Cakung, Jakarta Timur mungkin sudah tak asing lagi dengan kantor yang berlogo kuning satu ini. Yups tak lain dan tak bukan adalah United Tractors yang bergerak dalam penyewaan dan penjualan alat berat.

PT United Tractors Tbk merupakan perusahaan terbuka, sehingga telah tercantum di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 1989 dengan kode saham UNTR.

Perusahaan ini telah berdiri 51 tahun sejak tahun 1972 dengan nama PT. Inter Astra Motor Works yang berfokus pada penjualan produk Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag dan Tadano.

Eits tetapi jangan salah seiring waktu lini bisnis dari salah satu anak perusahaan Astra ini semakin luas tak terbatas hanya penyewaan dan penjualan alat berat lho Be-Emers.

Berdasarkan laporan tahunan di situs resminya, United Tractors saat ini memiliki 6 lini usaha. Apa saja ya kira kira? Berikut ini 6 macam lini bisnisnya.


6 Lini Bisnis PT United Tractors Tbk



1. Mesin Konstruksi


Di lini bisnis yang pertama adalah mesin konstruksi atau lebih jelasnya lini bisnis ini berfokus pada alat berat dan alat transportasi.

Baik induk usahanya yakni PT United Tractors Tbk, UT Heavy Industry Pte Ltd, PT Traktor Nusantara dan beberapa anak usaha lainnya memegang beberapa merek seperti Scania, Komatsu, Kubota, Bomag dan UD Trucks. Lini bisnis ini berkontribusi sebesar 30 persen dari total pendapatan per tahun 2022 emiten ini


2. Kontraktor Penambangan


Selanjutnya adalah kontraktor penambangan, lini bisnis ini dijalankan melalui anak usahanya yakni PT Pama Persada Nusantara yang merupakan kontraktor spesialis yang menyediakan jadsa pertambangan kepada pemilik tambang.

PAMA didukung oleh beberapa anak usaha seperti PT Kalimantan Prima Persada dan PT Pama Indo Mining. Lini bisnis ini berkontribusi sebesar 38 persen dari total pendapatan per tahun 2022.


3. Pertambangan Batubara


Beralih ke lini bisnis berikutnya yakni pertambangan batu bara, selain menjadi kontraktor dan penyedia alat berat pertambangan United Tractors juga memiliki usaha tambang batubara.

Usaha batu bara ini melalui anak usahanya yakni PT Tuah Turangga Agung. Lini bisnis ini berkontribusi sebesar 25 persen dari total pendapatan per tahun 2022.


4. Pertambangan Emas


Selanjutnya yakni pertambangan yang hasil tambangnya disukai oleh banyak orang untuk berinvestasi nih, yakni pertambangan emas melalui anak usahanya PT Danusa Tambang Nusantara yang mengakuisisi PT Artha Nugraha Agung.

Perusahaan memiliki Tambang Emas Martabe dengan total luas 1.302 km2 akan tetapi untuk area operasi hanya sebesar 479 Hektar. Lini bisnis ini berkontribusi sebesar 6 persen dari total pendapatan per tahun 2022.


5. Industri Konstruksi


Beralih ke lini bisnis yang berfokus pada infrastruktur yakni industri kontruksi. Adanya pilar bisnis ini berasal dari akuisisi ACSET pada tahun 2015, sebuah Perusahaan local yang telah berdiri sejak tahun 1995.

Hingga saat ini United Tractor memiliki 82,17 persen saham pada ACSET melalui anak usahanya. Lini bisnis ini berkontribusi sebesar 1 persen dari total pendapatan per tahun 2022.


6.Industri Energi


Last but not least yakni berasal dari Industri Energi, hadirnya lini bisnis ini berasal dari konsorsium entitas asosiasi BJP pada tahun 2017.

Konsorsium ini terdiri dari Sumitomo Corporation, Perseroan dan The Kansai Electric Power Co. Inc. Konsorsium berfokus membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap(PLTU) Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

United Tractors juga memiliki Pembangkit Listrik lainnya seperti PLTU PAMA-1.

Selain lini bisnis diatas, United Tractors juga memiliki bisnis pendukung seperti pada bidang Rekayasa dan Manufaktur melalui PT United Tractors Pandu Engineering, Transportasi Batubara melalui PT Patria Maritime Lines dan beberapa bisnis pendukung lainnya.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.