Marak Seruan Boikot, Ini Sosok di Balik Studio Legend Disney

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda


Kenal sama karakter tikus yang bisa berjalan dengan dua kaki dan bisa berbicara? Karakter ini muncul di film anak-anak. 

Yak, ini Mickey Mouse salah satu karakter dari Walt Disney, studio animasi legendaris yang tahun ini berusia tepat 100 tahun. Tapi, udah tau belum seperti apa sosok di balik studio ini?

Banyak yang mengira, nama Walt Disney adalah hanya sekadar nama sebuah studio. Ternyata, nama ini adalah nama tokoh di balik studio raksasa yang menjadi salah satu konglomerat hiburan terbesar di dunia lho.


Memang, Siapa Sih Walt Disney?


Walt Disney alias Walter Elias Disney ada sosok yang lahir di Chicago, 5 Desember 1901. Walt Disney memulai kariernya sebagai produser dan pemain sandiwara film dan teve Amerika.

Selain itu, Walt terkenal sebagai pionir animasi film kartun dan sebagai pencipta tokoh kartun legendaris. Seperti Mickey Mouse dan Donald Duck.


Walt Disney dan Masa Kecilnya



Walt adalah putra ke-4 Elias Disney, seorang tukang kayu dan kontraktor bangunan yang nggak punya rumah tetap alias nomaden.

Ketika Walt masih bayi, keluarganya pindah ke sebuah kota kecil di Midwestern. Di sana Walt memulai sekolahnya dan pertama kali menunjukkan minat dan bakatnya dalam menggambar dan melukis dengan krayon dan cat air.

Pindahlah ia ke Kansas City. Walt mulai belajar menggambar kartun di Kansas City Art Institute dan School of Design. Namun pada 1917, Disney sekeluarga pindah lagi ke Chicago. 

Walt masuk ke Sekolah Menengah McKinley, di sanalah ia belajar mengambil foto dan membuat gambar untuk koran sekolah.

Dia juga belajar menggambar kartun sebagai sampingan. Don Cuan: Karena Walt bermimpi untuk bisa bekerja sebagai kartunis


Memulai Studio Animasi


Hingga pada akhirnya Walt kembali lagi ke Kansas City pada 1919. Mimpinya kembali ditekuni dengan sesekali mendapat pekerjaan sebagai juru gambar di sebuah studio seni komersial.

Walt bertemu dengan Iwerks, seorang seniman muda, yang kemudian keduanya saling berkontribusi sampai bisa memulai studio kecil mereka sendiri pada 1922.

Perjalanannya pun nggak mudah, Walt sempat ditipu oleh distributor filmnya sampai harus bangkrut pada 1923. Saat itu, ia sedang mengerjakan proyek Alice in Cartoonland.

Namun semangatnya tidak pudar, Walt dan Iwerks kembali merajut mimpi dengan menciptakan karakter Oswald si Kelinci Keberuntungan.

Film tersebut berhasil didistribusikan dengan harga US$1.500 per film pada zamannya lho!

Selain terkenal dengan sejumlah prestasinya di bidang kartun, Walt juga menjadi sosok di balik megahnya Disneyland.

Be-emers tau kan? Taman hiburan yang besar banget itu lhoo. Disneyland pertama dibuka tahun 1955 di Los Angeles. 

Dan sebelum kematiannya, Walt turut andil dalam komando pembangunan Walt Disney World, di Orlando, Florida pada 1971.

Ternyata, fokus awal Walt Disney bukan di taman hiburan yaa. Tapi memang ke film kartun dan animasi. Dari situlah dia semangat untuk membangun Disneyland. Yah, tentunya nggak luput dari bantuan sekitarnya juga dong. Kreatif, tekun dan pantang menyerah!

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda