Deretan Taipan di Balik Bisnis Kendaraan Listrik Indonesia

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Sempat dianggap sebagai bisnis yang nggak menguntungkan, kendaraan listrik atau electric vehicle kini jadi bisnis besar, Be-emers. Sejumlah konglomerat pun terjun ke bisnis ini untuk mendulang cuan.

Meski pertumbuhan produknya pesat pertumbuhan penggunanya masih belum seperti yang diharapkan karena masyarakat masih bersikap wait and see untuk barang baru ini.

Tapi pemerintah juga telah mengeluarkan aturan-aturan yang terus mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Mulai dari subsidi hingga emisi. 

Pertumbuhan kendaraan listrik direspon positif oleh beberapa taipan berpengaruh di Indonesia. Mereka juga turut andil dalam bisnis ini.

Siapa saja taipan Indonesia yang berhasil meraup cuan dari kendaraan listrik? Nih, lewat artikel ini Mimin kasih tahu ya!


Taipan di Balik Bisnis Kendaraan Listrik Indonesia



1. The Hartono Brothers (Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono)


Dua bersaudara ini menjadi salah satu pemain di bisnis kendaraan listrik melalui perusahaan modal ventura anak usaha Djarum, GDP Venture.

Perusahaan ini melakukan investasi pada perusahaan Ion Mobility yang berbasis di Singapura.

Selain itu, keduanya merupakan pemilik perusahaan Polytron, yang turut menjual motor listrik bernama Polytron EVO Electric.


2. Anindya Bakrie


Ia adalah Presiden Direktur PT Bakri & Brothers menjalin kerja sama dengan BYD, produsen mobil listrik terlaris melalui VKTR.

Cerita singkatnya, Anindya mendapat ide untuk masuk ke ranah bisnis kendaraan listrik karena nyaris tertabrak bus listrik saat berolahraga di area kampusnya, Stanford University AS.

Melalui VKTR, Anindya akan merintis proses pembangunan fasilitas perakitan bus listrik di Indonesia.


3. Agus Lasmono


Salah satu perusahaan listrik, Indika Energy, adalah milik Agus Lasmono. Agus sendiri merupakan anak dari Sudwikatmono, bos pendiri Cinema XXI.

Indika Energy (INDY) melalui anak perusahaannya, Ilectra Motor Group (IMG) dan Electra Mobilitas Indonesia (EMI) memproduksi motor listrik bermerek ALVA.

Selain kendaraan listrik, Indika Energy juga berfokus pada stasiun pengisian baterai dan fasilitas penukaran baterai.

Masih ada beberapa pengusaha terkenal di Indonesia yang juga bermain di industri yang masih terbilang baru ini. 

Kalau kamu pengguna kendaraan listrik juga bukan nih, Be-emers?

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda