Begini Cara Hidup Seimbang Antara Seni dan Bisnis Ala Raline Shah

Sumber: Instagram.com/ralineshah

Sumber: Instagram.com/ralineshah

Like

Siapa yang tidak kenal dengan Raline Shah? Selebriti cantik ini banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena kecantikannya saja, bakatnya pun menonjol di bidang seni bahkan juga di bidang bisnis.

Wanita kelahiran 4 Maret 1985 di Jakarta ini dikenal pertama kali sebagai mantan finalis Puteri Indonesia 2018. Kariernya pun berkembang mulai dari menjadi model, bintang iklan, pemain film, hingga menjadi penyanyi pengisi soundtrack filmnya.

Selain eksis di dunia entertainment, Raline ternyata juga memiliki ketertarikan pada dunia bisnis dan ekonomi. Dikutip dari Bisnis.com, sejak tahun 2017 Raline ditunjuk sebagai Komisaris Indipenden di PT Indonesia Air Asia.
 

Dekat dengan dunia bisnis. 

Selain mendalami kariernya pada bidang seni entertainment, Raline ternyata memiliki minat yang tinggi dalam dunia bisnis.

Kehidupan Raline memang dekat dengan bisnis. Sang ayah, yang merupakan pengusaha terkenal di Medan, membuat Raline tertarik pada dunia bisnis.

Bahkan, sejak di bangku sekolah, Raline sudah memutuskan untuk mengambil studi bisnis yang kemudian bisa ia wujudkan dengan berkuliah di Singapura.


Lewat berjualan perhiasan Mutiara, Raline mengawali bisnisnya dengan modal pinjaman. Baginya, bisnis awalnya itu cukup sukses. Disamping itu, Raline masih ikut terlibat dengan bisnis keluarganya di bidang real estate dan perkebunan.
 

Mencoba bisnis baru lewat segelas kopi.

Kesibukan Raline pada dunia seni tidak mematahkan semangatnya untuk terus berkembang dalam dunia bisnis. Pada akhir tahun 2019, Raline mulai disibukkan dengan usaha barunya dan juga bisnis pertama yang ia lakukan di luar bisnis keluarganya, yaitu kedai Kopi Kisaku.

Kopi Kisaku dirintis Raline bersama 4 rekannya. Dikutip dari wawancara Raline dengan Kompas.com, ide Kopi Kisaku ini berawal dari kesukaan Raline dengan kopi yang menjadi teman begadangnya.

Bagi Raline, ada peluang bisnis dalam usaha kopi di Indonesia. Sekarang ini kopi untuk vegan atau vegetarian masih jarang dijual. Dari pengamatan itulah Raline menjual Kopi Kisaku dengan susu alternatif yang terbuat dari gandum oat sehingga aman dikosumsi bagi vegetarian.
 

Tidak takut dengan ketatnya persaingan pasar.

Bagi Raline, persaingan dalam bisnis tidak begitu ia pikirkan. Baginya, semua pasti sudah punya jalannya masing-masing.

Ada tips sukses Raline untuk generasi milenial agar berani memulai bisnis, yaitu dengan selalu menyiapkan hati, pikiran, keberanian, dan juga keberuntungan.

Dengan semangat itulah, Raline terus menyeimbangkan hidupnya dengan tetap mengembangkan kariernya di dunia entertainment dan juga usaha Kopi Kisaku yang telah didirikan kedainya di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.