Pengalaman Seru Mengajar Fotografi untuk Siswa SMK

Dokumentasi Kegiatan Workshop

Dokumentasi Kegiatan Workshop

Like

Belajar di bangku perkuliahan bisa menjadi membosankan dan terkadang bisa begitu menyenangkan. Itu semua tergantung dari bagaimana dosen mengemas materi dan cara belajar yang menyenangkan.

Menurut saya, apa yang dilakukan oleh dosen pembimbing di Universitas Mercu Buana dapat menjadi contoh bagaimana belajar bisa menjadi menyenangkan. Saya sebagai peserta kelas juga merasa excited saat mengikuti kelas ini. 

Alih-alih belajar hanya duduk di kelas mendengarkan dosen menjelaskan materi, mencatat materi yang entah akan dibaca lagi atau tidak, kami belajar secara praktikal atau terjun langsung. 

Pembelajaran ini kami rasakan di mata kuliah "Kuliah Peduli Negeri". Mahasiswa/I Universitas Mercu Buana Jakarta jurusan Digital Communication menyelenggarakan workshop yang bertajuk “Photography for Social Media”.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari komitmen universitas kepada masyarakat dan dalam rangka memenuhi mata kuliah “Kuliah Peduli Negeri”.


Kuliah Peduli Negeri merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, yang bertujuan sebagai ajang pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan ilmu yang dimiliki.

Tujuan dari “Kuliah Peduli Negeri” ini agar Masyarakat mendapat manfaat dari apa yang sudah para mahasiswa ini dapatkan dari pembelajaran Universitas Mercu Buana.

Kegiatan Kuliah Peduli Negeri yang dilaksanakan yaitu workshop fotografi di SMK Muhammadiyah Jakarta. Workshop ini memuat materi mengenai fotografi yang ditujukan untuk Sosial Media.

Pelaksaaan workshop ini adalah saat para peserta ekskul fotografi, atau siswa SMK, ini melaksanakan kegiatan ekskul yaitu pada hari Kamis saat pulang sekolah.

Workshop ini dilaksanakan pada Kamis, 9 November 2023 materi yang dibahas berupa ilmu dasar fotografi seperti rule of third, angle camera, dan jenis fotografi. 

Selain itu juga terdapat sedikit materi mengenai sosial media seperti cara menghitung engagement dan copywriting.

Tujuan workshop ini agar para peserta ekskul fotografi SMK Muhammadiyah 9 Jakarta memahami teknik fotografi dan mendapatkan ilmu mengenai Sosial Media.


Kegiatan Workshop untuk Ekskul Fotografi SMK


Dalam kegiatan ini saya berkelompok dengan teman-teman lainnya. Kelompok kami beranggotakan Febrian Aditya, Muhammad Hafiz Wijaji, Muhammad Iqbaal, dan Muhammad Nurul Huda.

Tidak hanya mahasiswa, kami juga didampingin oleh Bapak Kurniawan Prasetyo, M. Ikom. sebagai dosen pembimbing dari mata Kuliah Peduli Negeri.

Acara ini diawali oleh kata sambutan oleh Ibu Mistu Zulianani selaku Humas SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Kemudian dilanjutkan kata sambutan oleh Bapak Kurniawan Prasetyo, M. Ikom. selaku dosen pembimbing dari mata Kuliah Peduli Negeri.

Kemudian dilanjutkan oleh Febrian Aditya selaku ketua pelaksana. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi fotografi oleh Febrian Aditya dan Muhammad Hafiz Wijaji.

Lalu dilanjutkan pemberian materi Media Social oleh Muhammad Iqbaal dan Muhammad Nurul Huda.

Selanjutnya para peserta diberikan tugas untuk memotret objek dalam lingkup sekolah dengan ketentuan yang telah diberikan sebelumnya.

Kemudian kelompok kami mendampingi dan mengawasi pada saat memotret objek. Lalu acara dilanjutkan sesi tanya jawab berhadiah.

Di akhir acara kami foto bersama dengan para peserta ekskul fotografi SMK Muhammadiyah 9 Jakarta.

Kelompok kami juga sangat berterimakasih kepada Bapak Kurniawan Prasetyo, M.Ikom. selaku pembimbing pada mata kuliah serta pihak SMK Muhammadiyah 9 Jakarta yang telah memberikan kami izin dan kesempatan pada kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini.

Dari sesi workshop ini kami belajar materi-materi yang sudah dipelajari di kelas dengan cara mengajarkannya kepada siswa-siswa SMK. Ini adalah cara yang menyenangkan dan baru dalam belajar.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.