Sebelum Bikin Rekening Bersama Bareng Pasangan Catat Hal Ini!

Perlu menyamakan ekspektasi sebelum membuat rekening bersama (Ilustrasi: Canva)

Perlu menyamakan ekspektasi sebelum membuat rekening bersama (Ilustrasi: Canva)

Like

Semakin melek dan tinggi literasi finansial masyarakat Indonesia, semakin banyak yang aware soal produk-produk keuangan. Tidak hanya pribadi, tapi juga bersama pasangan. Contohnya adalah rekening bersama.

Membuka rekening bersama pasangan masih menimbulkan pro kontra. Banyak yang setuju namun tidak sedikit juga yang kurang setuju. 

Sebenarnya, membuka rekening bersama pasangan memiliki banyak manfaat. Mulai dari bisa mencapai tujuan keuangan lebih cepat, membayar tagihan bulanan lebih ringan, dan lain sebagainya.

Namun, sebelum membuka rekening bersama pasangan perlu untuk memperhatikan beberapa hal. 


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rekening Bersama


1. Kebutuhan atau Tujuan


Baik kamu maupun pasanganmu harus bersepakat goals atau tujuan dari pembuatan rekening bersama ini. Tujuan ini harus merupakan hal yang ingin dicapai bersama. Tujuan yang sama akan membantu mengarahkan dan menjaga konsistensi.


Tujuan bersama bisa bermacam-macam, mulai dari dana pernikahan, dana liburan bersama, atau bahkan uang kebutuhan bersama untuk makan dan lainnya. 

Dengan menentukan tujuan akan terlihat urgensi dari membuka rekening bersama dengan pasangan. Jika ternyata tidak terlalu mendesak maka bisa disepakati lagi.


2. Pengeluaran Masing-Masing


Hal penting yang perlu diketahui sebelum membuka rekening bersama adalah soal pengeluaran masing-masing. Perlu keterbukaan antar pasangan mengenai kebutuhan apa saja yang setiap bulan harus dipenuhi.

Dengan mengetahui pengeluaran masing-masing maka akan bisa mengontrol ekspektasi dalam membuka rekening bersama. Selain itu juga tujuan membuka rekening bersama bisa lebih disamakan.


3. Kebiasaan Membelanjakan Uang


Kamu dan pasangan juga perlu membahas dan mengetahui kebiasaan membelanjakan uang satu sama lain. Sepakati dari awal tabungan bersama ini akan digunakan untuk keperluan apa saja.

Terbukalah soal bagaimana kalian biasa membelanjakan uang. Apakah ada yang bersifat impulsif? Jangan sampai nantinya ada perdebatan mengenai pembelanjaan uang. 


4. Total Kontribusi


Hal penting lainnya adalah mengenai total kontribusi atau jumlah iuran yang harus disetorkan masing-masing ke dalam rekening bersama. Kalian berdua harus bersepakat. 

Apakah kamu dan pasangan akan menyetor jumlah yang sama ke dalam tabungan bersama ini? Atau ada penabung utama dan penabung kedua?


5. Komitmen


Hal penting namun biasanya paling susah dilakukan adalah soal komitmen dan disiplin dari masing-masing pihak. Komitmen juga harus dibarengi dengan rasa saling percaya antar pasangan.

Komitmen yang kuat akan mengikat satu sama lain dan mempermudah tercapainya tujuan dari dibuatnya rekening bersama ini. 

Kalau menurut kamu perlu enggak sih membuat rekening bersama pasangan Be-emers?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.