Personal Growth Bukan Sekedar Gimik, Penting untuk Menunjang Karir

Personal growth bukan sekadar gimik (Foto: mikhail-nilov-pexels)

Personal growth bukan sekadar gimik (Foto: mikhail-nilov-pexels)

Like

Personal growth adalah mindset  atau pola pikir  percaya  bakat bisa dikembangkan.  Lawannya adalah fixed mindset, artinya pola pikir percaya bakat itu adalah keturunan, tidak perlu  belajar .     .

Dalam bahasa Indonesia personal growth berarti pertumbuhan, pengembangan kecerdasan pribadi, kreativitas yang selalu dapat dikembangkan melalui proses dan tak mudah menyerah. Kegagalan dianggapnya sebagai tantangan untuk membawa ke jenjang yang lebih tinggi.

Pengertian dari personal growth adalah teknik untuk memperbaiki kebiasaan, perilaku, sikap dan reaksi seseorang.
  • Belajar untuk mengontrol kemarahan
  • Belajar untuk mengatasi  penundaan
  • Belajar untuk mengatasi kemalasan
  • Belajar untuk lebih sopan dan penuh perhatian
  • Menjadi orang yang bertanggung jawab
  • Belajar hal-hal baru dan mengembangkan keterampilan baru
  • Berubah mindset dan menjadi pemikir yang positif
Kesuksesan dari personal growth membutuhkan motivasi, keinginan untuk memperbaiki dan keinginan untuk bertahan atas segala  perubahan dalam pekerjaan dan aspek kehidupan.

Personal growth merupakan proses yang berjalan terus menerus dan dimulai sejak usia dini, dibentuk oleh orangtua, guru dan lingkungan.

Sulitnya, orang yang ingin bertumbuh atau berkembang, terjerat oleh kenyamanan yang sudah dimiliki.  Contohnya dia sudah memiliki jabatan/karir tinggi dengan gaji tinggi. Tidak mudah meninggalkan hidup dengan fasilitas dan gaji tinggi untuk mendapatkan kebahagiaan yang jauh lebih baik.


Kadang-kadang, orang bisa  berubah ketika melihat film yang inspiratif atau membaca buku yang sangat inspiratif tentang orang yang sukses  yang menggugah hati  untuk melakukan perubahan.

Perubahan  baru dengan pemikiran yang matang untuk mencari dan mendapatkan sesuatu yang lain di luar apa yang sudah dicapainya. Pekerjaan baru karena dia sudah melengkapi dirinya dengna wawasan yang baru, bahkan keterampilan dan ilmu baru yang menunjang untuk pekerjaan barunya.


Bagaimana Belajar Personal Growth?


Ada banyak buku-buku, artikel, workshop dan bimbingan yang mempelajari tentang personal growth. Jika Anda melihat topiknya sangat menarik, Anda bisa mencobanya, Anda dapat menemukan informasi yang Anda perlukan dengan mencarinya di internet.

Personal growth dapat membantu di semua area kehidupan kita. Personal growth membantu di pekerjaan, bahkan dapat membantu merubah sikap kita tentang pekerjaan, membuka kesempatan baru untuk makin maju.

Personal growth membantu dalam bidang emosi dan mental yang bertumbuh dan menjadi orang yang lebih baik, mencintai dan positif.

Personal growth juga dapat membantu melihat kesalahan dan kebiasan yang negatif dan membuat Anda untuk mengkoreksi dan merubahnya.

Ada beberapa tehnik untuk personal growth seperti, visalisasi yang kreatif, afirmasi yang diulang-ulang, mengembangkan mindset yang positif dan meditasi. Personal growth juga meliputi, konseling, coaching dan baca.

Cara sederhana dan metode yang sangat berguna dalam personal growth adalah melihat tingkah laku dan hidup anda dengan pikiran yang terbuka dan tidak biasa.  Anda pasti bisa menemukan sesuatu yang dapat dirubah untuk diri sendiri maupun kehidupan Anda.

Dengan melihat bagaimana orang bersikap dan bertindak juga dapat membantumu. Dalam hal ini, Anda dapat menyadari ciri-ciri karakter yang positif dan negative dan menjadi sadar apakah Anda punya sifat yang demikian.  Dengan cara ini, Anda belajar untuk memperbaiki apa yang diperlukan.

Orang pasti berbeda satu dengan yang lainnya, apa yang baik untuk seseorang,  belum tentu baik untuk orang lain.  Dalam hal ini Anda perlu explore teknik dan cara untuk personal growth yang cocok untuk Anda.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.