5 Ide Bisnis untuk Si Introvert!

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Be-emers, siapa nih yang anaknya introvert banget? Introvert sering banget disalahartikan, entah dianggap pemalu, pendiam, atau seperti punya dunia sendiri.

Padahal, introvert juga bisa jadi kreatif dan sukses lho dalam berbisnis. Asalkan sesuai dengan kepribadian dan passionnya.

Nyatanya banyak kok tokoh dunia yang sukses berbisnis padahal mereka introvert. Beberapa di antaranya ada Mark Zuckerberg, Elon Musk, Marissa Mayer, sampai Bill Gates.

Nah, kira-kira bisnis apa saja sih yang cocok untuk kaum introvert seperti kamu dan aku?


Ide Bisnis untuk Si Introvert


1. Jasa Edit Foto


Enggak semua orang jago editing, apalagi edit foto profesional. Padahal ini diperlukan ketika ada keadaan mendesak yang membuatmu harus mengedit foto secara drastis. 


Nah, di sinilah kamu bisa membuka usaha jasa edit foto. Dengan skill editing yang mumpuni kamu bisa meraup cuan tanpa perlu berkomunikasi intens dan sering dengan orang banyak. Jadi social energimu enggak cepat habis deh.


2. Transkrip 


Meski enggak suka sering berhubungan dengan orang banyak, kamu pasti enggak masalah kan kalau mendengarkan rekaman orang berbicara dan menuliskannya menjadi kata-kata atau dokumen?

Pekerjaan ini memang terlihat mudah namun membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi. Cocok deh sama kamu yang introvert dan senang menghabiskan waktu dengan diri sendiri.


3. Blogging


Kalau kamu senang menuangkan gagasan atau pikiran dalam bentuk tulisan daripada mengobrol dengan orang lain, maka blogging bisa jadi bisnis yang cocok untukmu. Namun, kamu harus memperbesar blog dahulu sebelum siap ditawarkan pada brand.

Bisnis blogging hanya membutuhkan kamu, laptop untuk menulis, dan skill menulis lho. Yakin deh, kamu yang introvert pasti akan menikmati bisnis ini.


4. Jasa Calo Tiket


Saat ini banyak sekali konser-konser yang diadakan dan ticketingnya melalui online dengan sistem siapa cepat dia dapat. Ini bisa jadi kesempatan bisnis yang berpeluang besar. Hanya membutuhkan kecepatan, baik kecepatan internet maupun kecepatan tangan dalam klik antrian.

Namun, tiket yang dibeli harus melalui jalur resmi dan trusted yaa. Jangan sampai tipu-tipu seperti yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.


5. Ghostwriter


Kalau blogging merupakan blog kamu sendiri dan di situ nama serta profil kamu tercantum, maka ghostwriter ini kebalikannya. Menjadi ghostwriter berarti namamu tidak akan tercantum dan diakui dalam karya tersebut.

Jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut maka ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan karena kamu tidak perlu terlihat di publik dan tidak perlu sering bersosialisasi dengan banyak orang.

Mana nih, si introvert sudah menemukan bisnis yang cocok belum?

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda