5 Alasan Me Time Bisa Bentuk Keseimbangan dalam Hidup

Menyisihkan waktu untuk diri sendiri walaupun di tengah kesibukan (rachelhomeandlife.com)

Menyisihkan waktu untuk diri sendiri walaupun di tengah kesibukan (rachelhomeandlife.com)

Like

Setiap orang pasti pernah merasa jenuh. Jawaban simple dari kondisi ini adalah waktu sendiri untuk menenangkan hati dan fikiran, atau yang biasa disebut dengan me time

Me time merupakan sebuah cara bagi kamu untuk menghargai diri sendiri. Kegiatan ini sangat ideal dilakukan oleh seorang pekerja kantoran, mahasiswa, atau seseorang yang punya kegiatan berulang yang seringkali membuat kamu merasa jenuh.

Setiap individu punya caranya sendiri untuk melakukan me time, caranya bisa dengan bersantai dan lebih menitikberatkan fokus kepada kebahagiaan serta kebutuhan didalam diri. Hal itu dapat meningkatkan mood setelah jenuh dan stres dengan kehidupan sehari-hari.

Waktu khusus yang kamu sediakan untuk me time pada akhirnya akan membentuk keseimbangan dalam hidupmu. Mengapa demikian? 


Alasan Me Time Bisa Membentuk Keseimbangan Hidup


Berikut alasan kenapa me time bisa membentuk keseimbangan dalam hidupmu


1. Mengenal diri sendiri



Pernakah merasa minder dengan diri sendiri, tidak pede dengan bentuk tubuh, warna rambut, dan telihat tidak menarik? Me time solusinya!

Luangkanlah waktu sejenak untuk bercermin dan sesekali merenunglah sejenak kita akan menemukan siapa kita sebenarnya. Pergilah ketempat yang baru, baca buku atau tonton film yang disukai dimana kita nyaman dan aman maka kita akan mengenal lebih jauh diri kita.

Coba kata bayangkan ketika kita sudah mengenal diri kita lebih dalam masih adakah dari kita yang masih ragu dengan diri sediri atau meragukannya?


2. Jadi lebih segar


Ketika kita merasakan hidup membosankan dan malas semakin banyak menghampiri itu pertanda kita membutuhkan waktu untuk sendiri dan me time adalah jawabannya.

Menyendiri bukan berarti selalu sendiri namun mengambil waktu sejenak untuk diri sendiri begitulah cara menghapus kebosanan dan malas dalam diri.

Carilah aktifitas yang kamu suka untuk sekedar bersantai, menonton sinetron, jalan-jalan ke pantai, makan makanan kesukaan atau sekedar membaringkan tubuh.

Ketika sudah mengambil waktu sejenak untuk diri sendiri, kita akan lebih semangan menjalankan aktifitas, lebih segar dan kembali cerah. Seperti matahari yang baru terbit di siang hari memancarkan sinar yang menghangatkan badan.


3. Meningkatkan produktifitas 


Pekerjaan yang selalu menumpuk dan semua aktifitas yang membosankan setiap hari membuat fikiran kita menjadi tidak netral dan cenderung berdampak pada kinerja kita sendiri. Hal yang harus dilakukan adalah melepaskan semuanya, membuang sejekan semuanya dari fikiran kita.

Cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang terpendam, membaca buku, jalan-jalan ke mall atau sekedar bermalas-malasan di kasur kesayanganmu.

Ketika kamu sudah membuang jauh segala yang menghambat, kamu akan mendapati dirimu kembali. Sehingga nantinya kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dan menuntaskan semua pekerjaan yang ada.


4. Kembali fokus pada tujuan hidup


Banyak rintangan yang menghambat dalam hidup yang bersumber dari diri sendiri maupun dari luar diri kita. Sifat mudah menyerah, takut mengambil resiko sampai kecilnya peluang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan merupakan sedikit dari banyak masalah yang menghambat didalam hidup.

Sebelum kita menyerah cobalah luangkan waktu untuk diri sendiri, kita jadi banyak berfikir tentang banyak hal yang tidak terfikirkan oleh kita lho. Hal ini lah yang nantinya akan membuat kita kembali semangat dan fokus pada tujuan hidup.


5. Lebih dekat dengan sang pencipta


Ketika kita mendapati jalan buntu dan mendapati permasalahan yang berat, kembalilah kepada sang pencipta karena itu pertanda Dia rindu kepada kita.

Seimbangkan hidup kita, luangkan waktu sejenak untuk berserah diri kepada-Nya, berdo'a dan bersyukur atas apa yang kita punyai sekarang. Me time adalah waktu yang sangat cocok untuk kita berserah diri kepada sang pencipta, mengingat dan me-refresh kembali segalanya.

Bagaimana? Bermanfaat kah untuk diri kita? Mau meluangkann waktu untuk me time? Banyak lho perubahan yang saya alami sendiri dengan menerapkan me time, kamu ingin mencobanya?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.