7 Cara Agar Tidak Kesal Dengar Kritik Negatif dari Orang Lain

Kalimat negatif orang lain jangan diambil pusing, ambil baiknya saja! (Sumber gambar: Pixabay)

Kalimat negatif orang lain jangan diambil pusing, ambil baiknya saja! (Sumber gambar: Pixabay)

Like

Ada beberapa teori psikologi berbeda yang mencoba menjelaskan mengapa komentar negatif dari orang lain bisa sangat mempengaruhi kita. Agar tidak terlalu kesal mendengar kalimat negatif dari orang lain, perhatikan artikel ini!
 
Salah satu teorinya adalah bahwa umpan balik negatif dapat memicu respons “lawan atau lari” (fight or flight) yang merupakan respons biologis terhadap ancaman yang mempersiapkan kita untuk melawan atau melarikan diri. 
 
Teori lain menyatakan bahwa umpan balik negatif dapat mengancam harga diri kita dan membuat kita merasa buruk terhadap diri sendiri. 
 
Terakhir, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bias negatif, atau kecenderungan kita untuk fokus pada informasi negatif, mungkin berperan dalam cara kita bereaksi terhadap umpan balik negatif.


Terus, bagaimana agar tidak kesal dengan kalimat negatif orang lain?
 

1. Mempraktikkan self-compassion


ini memiliki arti bersikap baik dan pengertian terhadap diri sendiri, bahkan ketika kita menghadapi kritik dari orang lain. 
 
Rasa sayang pada diri sendiri dapat membantu kita memisahkan harga diri dari faktor eksternal seperti opini orang lain. 


2. Konsumsi makanan dan minuman enak


Mengonsumsi makanan enak mungkin tidak secara langsung mengurangi perasaan negatif yang kita rasakan saat mendengar kritik, namun dapat membantu kita merasa lebih baik secara keseluruhan.


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan favorit dapat memicu pelepasan hormon perasaan senang seperti serotonin dan dopamin, yang dapat meningkatkan mood kita.

Tentu saja, ini bukan solusi untuk mengatasi emosi negatif, tetapi ini bisa menjadi cara yang sehat dan menyenangkan untuk meningkatkan suasana hati kita.

Dan ingat, penting untuk menjaga pola makan seimbang secara keseluruhan dan tidak makan berlebihan. Bisa dengan makan es krim, minum kopi favorit, dan makanan lain yang kita suka.


3. Fokus bersih-bersih


Menjaga kebersihan bisa memberikan dampak positif pada diri sendiri. Aktivitas bersih-bersih juga akan menjadi pelampiasan energi negatif yang diterima dari kata-kata negatif. Bisa bersih-bersih rumah, kamar, dapur, kamar mandi


4. Fokus perawatan diri


Pakai lulur, masker, perawatan gigi, dan perawatan rambut. Perawatan diri seperti menggunakan lulur mungkin tidak secara langsung mengurangi perasaan negatif yang kita rasakan saat mendengar kritik, namun dapat membantu kita merasa lebih baik secara umum.

Perawatan diri adalah tentang menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional kita. Jika kita merasa baik secara fisik dan emosional, kita akan lebih mudah menghadapi situasi sulit, seperti mendengar komentar negatif dari orang lain. 
 

5. Membuat makanan favorit


Membuat roti, kue, mie goreng, selain enak dimakan juga dapat untuk mengasah keahlian.
 
6. Jawablah orang tersebut

Kalau berani langsung menjawab orang tersebut, atau kalau tidak berani, katakan pada kita sendiri bahwa kita tidak bisa mengendalikan kehendak Tuhan dan kata-kata orang tersebut.

7. Membaca buku favorit

Selain mengalihkan isu, membaca buku juga menambah kegiatan favorit, juga kadang kita bisa menemukan solusi untuk memecahkan masalah yang sedang kita dihadapi.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.