9 Pengalaman Menarik Berkunjung ke Pameran Dagang Halal

Antusiasme Pengunjung Pameran Produk Halal dari Salah Satu Booth Exhibitor (Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Antusiasme Pengunjung Pameran Produk Halal dari Salah Satu Booth Exhibitor (Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Like

Be-emers tahu enggak sih? Pameran dagang halal akbar di penghujung tahun 2023 baru saja dihelat pada Jumat lalu (8/12) dan dibuka oleh Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Tito Maulana.

Acara ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut mulai dari 8-10 Desember yang diselenggarakan di Hall 3-3A, ICE BSD.

Gelaran yang mengusung slogan The Most Inspiring Halal Event ini ramai didatangi pengunjung, dengan memadukan konsep niaga Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B) yang berkorelasi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS).

Sudah sejauh mana kamu sebagai anak muda berkontribusi terhadap industri halal tanah air? Yuk sudah saatnya kita jadikan halal sebagai sebuah gaya hidup.

Kota Tangerang menjadi lokasi gelaran pamungkas akhir tahun ini dan diselenggarakan dengan skala yang lebih besar dari pameran sebelumnya, dengan menyuguhkan beberapa hal menarik yang sayang untuk dilewatkan khususnya buat para pengunjung nih.


Nah, buat yang penasaran seperti apa sih ceritanya selama berkeliling pameran kemarin, aku berhasil merangkum 9 fakta menarik pengalaman yang ku dapat ketika mampir dan menyempatkan untuk berkunjung selama di lokasi sebagai berikut.

Baca Juga: Pasti Halal, 5 Ide Bisnis Syariah yang Menguntungkan di Indonesia!


Pengalaman Menarik Berkunjung ke Pameran Dagang Halal


1. 250 Exhibitor Global


Fyi, pameran ini setidaknya diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS).

Bekerja sama dengan sejumlah agregrator ekspor berpengalaman, event B2B diselenggarakan secara hybrid dalam bentuk rangkaian seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night sampai business matching.
 

Paviliun Malaysia sebagai Salah Satu Agregator Ekspor B2B dari Luar Negeri (sumber foto: Imawan Anshari)Paviliun Malaysia sebagai Salah Satu Agregator Ekspor B2B dari Luar Negeri (sumber foto: Imawan Anshari)


2. Bazaar


Khusus untuk suguhan Business to Customer/ B2C sendiri dimeriahkan dengan ragam bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F&B), fesyen, agen travel, sekolah dan buku Islam.


3. Live Show


Event ini menjadi ajang penguatan kapasitas UMKM halal dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah. Berbagai sesi seperti halal talkshow, halal beauty class, halal food talk, cooking & live baking show, sampai pengetahuan terkait parenting hingga psikologi pun turut diikuti oleh para pengunjung.
 

Sesi Halal Talkshow Bidang Psikologi di Salah Satu Ruang Teater (Sumber Foto: Sam Azhar)Sesi Halal Talkshow Bidang Psikologi di Salah Satu Ruang Teater (Sumber Foto: Sam Azhar)

 

4. Sarana Rekreasi


Salah satu wahana edukasi dan rekreasi bagi keluarga Muslim. Selama gelaran berlangsung, anak-anak disuguhkan berbagai aktivitas menarik di area halal playpark kids corner serta mengikuti acara storytelling anak bersama Kak Yogi Triadi (praktisi pendidikan anak) dan Kak Erland Iskandar ST.

 

Pojok Booth Kaktusqulucu turut meramaikan gelaran Halal Fair-HIITS 2023 TangerangPojok Booth Kaktusqulucu turut meramaikan gelaran pameran dagang halal Indonesia 2023


5. Tiket Gratis


Program Jumat Belajar yang merupakan lanjutan dari Tiket Gratis Untuk Guru di hari Jumat. Program ini memberikan kesempatan bagi sekolah yang ingin belajar di hari Jumat.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan di antaranya tiket gratis untuk para guru, buy 1 get 1 free tiket untuk pelajar, mendapatkan konten pendidikan bersama peserta dengan menghadiri acara di hari Jumat, dan belajar mengenai bisnis Muslim para exhibitor pameran dagang halal tersebut.


6. Giveaway


Giveaway berhadiah voucher menginap di Hotel bagi pengunjung. Nah, khusus untuk pengunjung yang beruntung akan mendapatkan kesempatan menginap di hotel selama 1 malam yang disponsori oleh jenama Atelier Angelina.

Sehingga pengunjung tidak perlu capek lagi untuk mondar-mandir, hemat ongkos, mental terjaga dan pikiran pun tenang.


7. Program Lingkungan


Program inspiratif kepedulian lingkungan Cleancycle Initiatives: Pengelolaan Sampah Terpadu Halal.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak event yang dilaksanakan, pihak penyelenggara bekerjasama dengan T.CARE sebagai mitra pengelola dalam pengelolaan sampah organik (Rumah Maggot), pengelolaan sampah anorganik (pengumpulan dan pemilahan), dan pengumpulan minyak jelantah atau minyak bekas yang diambil dari peserta kuliner halal.


8. Donasi Palestina


Selama eksibisi berlangsung, panitia juga menyediakan pilihan donasi untuk Palestina di tautan pembelian tiket secara daring.


9. Dekorasi


Dekorasi interior pameran yang memberikan suasana atau vibes yang berkesan kepada pengunjung. Dengan dihadirkannya seni instalasi yang menggunakan bahan kain sebagai simbolisasi kemajuan industri fesyen Muslim saat ini. 

Bahan kain yang digunakan berasal dari merek fesyen yang menjadi exhibitor. Rancangan instalasi kain bertajuk Pendar terpasang membentang di sepanjang prefunction 3-3A, dan ruang Theater 1.

Tentu saja, kesempatan tersebut menarik bagi para pengunjung untuk mengabadikan momen saat mengunjungi pameran.

Rancangan Instalasi Kain Bertajuk Pendar yang Terpasang Selama Halal Fair-HIITS 2023 TangerangRancangan Instalasi Kain Bertajuk Pendar yang Terpasang Selama Pameran Dagang Halal 2023 (dokpri)


Pameran dagang halal ini menjadi wadah yang strategis untuk mewujudkan pasar produk halal yang memperkuat ekosistem halal, sekaligus berkontribusi bagi pengembangan UMKM halal.

Dengan begitu dapat mendorong akselerasi pengembangan UMKM untuk go global sekaligus memperkuat industri halal di Indonesa. 

Jika industri halal kuat, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sekaligus ajang untuk memperkenalkan pada generasi muda akan pentingnya gaya hidup (lifestyle) produk halal dan ekonomi syariah.

 Ekosistem ekonomi halal dapat semakin diperkuat, salah satunya dengan penyelenggaraan pameran yang dapat mendorong berkembangnya gaya hidup halal dan membangkitkan kembali kesadaran khususnya bagi pelaku usaha untuk lebih meningkatkan kapasitas usahanya, khususnya pengurusan sertifikasi halal.

Oia, tidak lupa selama penyelenggaraan pameran berlangsung, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal secara gratis.

Serta, memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memperluas jejaring melalui kerja sama kemitraan dengan pelaku usaha lainnya di dalam dan luar negeri lho.

Penasaran akan seperti apakah pameran dagang halal 2024 di Indonesia? Sampai bertemu di tahun depan yang pastinya tidak kalah menarik dan bakal ditunggu-tunggu kehadirannya kembali. 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.