Meski Berakhir, Blogger Club Jadi Awal Kemajuan Literasi

Peserta Blogger Club (dokpri)

Peserta Blogger Club (dokpri)

Like

Ada rasa puas ketika Jumat lalu (8/12/2023) akhirnya kami peserta ekstrakurikuler “Blogger Club” dapat menyelesaikan satu semester pembelajaran.

Sesuai namanya, Blogger Club,  ekstrakurikuler ini tentunya tidak jauh dari praktik menulis dan ngeblog. Atau bisa dibilang pembelajaran di kelas itu di dominasi 70 persen praktik dan pembimbingan. Sementara teorinya hanya sekitar 30 persen saja.

Sebagai pembimbing, tentu ada rasa bangga di hati melihat perkembangan kemampuan menulis peserta ekstrakurikuler.

Sesungguhnya bukan saja bangga karena melihat perkembangan kemampuan menulis para peserta ekstrakurikuler, tetapi juga semangat dan keberanian mereka untuk mempublikasikan tulisan mereka di berbagai platform.

Kalau biacara platform, maka Bisnismuda merupakan salah satu platform yang disenangi para peserta ekstrakurikuler. Pasalnya, platform Bisnismuda memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Selain itu, Bisnismuda juga memberi daya tarik yang nantinya dapat ditukar dengan poin.


Nah, pada akhir pertemuan di semester ini, kami pun mencoba melakukan evalusi.

Baca Juga: Menumbuhkan Semangat Menulis Lewat Komunitas Blogger Muda!


Belajar Apa di Blogger Club?


Evaluasi ini membawa kami ke pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang telah dipelajari peserta selama ekstrakurikuler “Blogger Club”.

Berdasarkan pengakuan peserta, ternyata tidak hanya mengasah keterampilan teknis seperti cara merangkai kata yang menarik dan mengunggah tulisan di platform, tetapi juga memahami aturan penulisan yang efektif untuk menarik perhatian pembaca di dunia online.

Peserta juga mampu menunjukkan kemampuan mengeksplorasi ide dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tak kalah penting, mereka melaporkan peningkatan kosa kata dalam bahasa Indonesia. Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi karena menunjukkan kemajuan dalam meningkatkan kemampuan bahasa.

Namun, setiap pencapaian tentu saja diiringi oleh tantangan. Beberapa peserta menghadapi kesulitan untuk menyelesaikan tulisan dalam batas waktu yang ditentukan, sementara ada juga yang memiliki rasa malas untuk memulai tulisan atau mengalami "writer's block."

Tetapi ketika sudah dimulai, pasti akan diupayakan untuk menyelesaikan tulisannya. Pada bagian poin evaluasi lainnya, peserta "Blogger Club" juga memberikan umpan balik konstruktif tentang apa yang dapat ditingkatkan di semester berikutnya.

Ada peserta yang menyoroti pentingnya menemukan gaya menulis yang khas bagi dirinya, sementara yang lainnya menginginkan peningkatan konsistensi dan disiplin dalam menulis.

Ada juga yang berencana untuk keluar dari zona nyamannya, mencoba menulis berdasarkan "prompt" atau topik yang diminta alias bukan sesuai topik-topik yang disenangi saja.

Pada akhirnya, berharap ke depan peserta dapat mengembangkan lebih banyak keterampilan menulis dengan berpikir kreatif, imajinatif, dan berpikir kritis.

Pertemuan terakhir ini tentu bukan hanya akhir dari satu fase, melainkan juga awal dari perencanaan yang lebih matang untuk masa depan "Blogger Club".

Dengan harapan bahwa ekstrakurikuler ini akan terus menjadi wadah inspirasi, pertumbuhan, dan penemuan bagi para penulis muda yang penuh potensi. Sampai jumpa di semester depan, dengan karya-karya yang semakin menarik dan berkualitas!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.