Bisnis Makanan Kekinian, Bisnis Catering Bisa Kamu Coba Nih!

Bisnis Makanan Kekinian (Foto: pixabay.com)

Bisnis Makanan Kekinian (Foto: pixabay.com)

Like

Bisnis makanan kekinian saat ini sedang ngetrend banget, lho! Apalagi yang model bento, western, hingga makanan tradisional Indonesia.

Rasanya para pebisnis kuliner ini semakin paham konsep packaging yang menarik, dapat membuat harga menjadi sedikit lebih mahal. 

Nah, Catering meal box adalah salah satu solusi yang tepat untuk kalian. Dari acara sampai makan siang kantor bisa mengunakan catering model meal box, lho! Meskpin banyak pemain dalam pasar, namun tetaplah fokus pada area-mu. 

Yap, keuntungan bisnis makanan ini adalah kamu bisa menguasai satu daerah jika kamu tekun dan benar-benar fokus. 
Kamu dapat menjadi pilihan untuk orang yang ingin segala hal praktis. 

Makanan dengan cita rasa yang enak, packaging menarik dapat menjadi keunggulan usahamu. Namun, ingat bahwa bisnis juga harus kamu imbangi dengan strategi yang tepat, yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!



Tentukan Jenis Katering

Sebelum membuka bisnis jasa membuat makanan, kamu perlu menentukan jenis catering yang akan dilayani. Terdapat empat jenis yang dapat kamu pilih dengan rentang modal dan menu yang bervariasi. Pastikan telah memilih jenis catering dengan tepat dan cermat.

Pilihan pertama catering kantoran dengan bentuk box, tetapi mewah. Catering anak sekolah untuk bekal dengan gizi baik. Bisnis makanan kekinian untuk acara besar dapat prasmanan atau box, sedangkan catering rumahan dalam bentuk box untuk acara arisan atau lainnya.


Cari Pengalaman Sebelumnya

Setiap usaha yang akan dijalankan tentu harus didukung dengan pengalaman sebelumnya. Kamu dapat bekerja di usaha catering ternama untuk mengambil ilmunya terkait proses memasak dan operasional. Dengan begitu, kamu dapat bekal untuk memulai usaha.

Ataupun dengan sistem mulai saja dulu, sambil berusaha kamu bisa sambil belajar. Nah, cara seperti ini juga bisa kamu terapkan. Namun, imbangi juga ya dengan kursus makanan, jadi kamu bisa semakin ahli dalam berbagai bidang makanan. Selalu ingat, ada waktu dimana kamupun harus berinovasi, supaya tidak kalah dengan kompetitor. 


Melakukan Riset

Terdengar remeh, tetapi justru hal ini menjadi salah satu pondasi untuk berdiri kokohnya suatu bisnis. Kamu dapat melakukan riset pasar mulai dari tingkat persaingan, seperti melihat beberapa jasa catering yang telah berdiri. Lihatlah jenis, menu, dan pelayanannya.

Selain itu, kamu juga harus menentukan target konsumen yang ingin dicapai. Dengan begitu, kamu dapat terpacu untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Yang tidak kalah penting, mencari supplier untuk bahan masakan ataupun peralatan dengan kualitas baik.


Menentukan Nama Catering

Setiap usaha harus disertai nama dan logo yang menarik agar mudah dikenal dan diingat. Hal ini sering kali terlupakan, tetapi justru menjadi poin yang penting. Kamu dapat memilih nama yang memiliki filosofi. Nah, makna yang baik bisa menjadi doa sekaligus semangat untukmu ke depannya.

Bisnis makanan kekinian memang harus memiliki logo sebagai ciri khasnya. Usahakan logo ini mencerminkan usaha yang kamu geluti, mulai dari gambar ataupun warna. Pastikan memilih warna yang mampu menarik minat konsumen untuk memesan jasa yang kamu tawarkan.

Persiapan modal 

Sebelum memulai sebuah bisnis, tentu kamu harus menyiapkan modal yang sesuai. Tidak perlu besar, kamu dapat mulai mencicil bisnis ini lalu mengembangkannya. Modal dapat kamu peroleh dari tabunganmu. 


Persiapkan Perlengkapan dan Mental

Bisnis yang kamu jalankan harus didukung dengan perlengkapan yang memadai, mulai dari hal hal dasar. Selain itu, bisnis makanan kekinian ini juga menuntut mental yang kuat agar dapat menghadapi risiko berbisnis. Tenaga yang besar agar dapat mengembangkannya.

Bergelut di dunia bisnis memang tidak dapat memprediksi dengan tepat setiap hal yang akan kamu hadapi. Akan tetapi, tips diatas sudah bisa menjadi modal dan bekal utama untukmu.

Kamu dapat memulainya meskipun dengan modal minim. Perlahan-lahan mengembangkan bisnismu dengan tekun bisa membuatnya menjadi  lebih besar di kemudian hari.