Kisah Sukses di Balik Kedai Kopi Starbucks

howard pendiri kedai kopi starbucks

howard pendiri kedai kopi starbucks

Like

Siapa yang tak kenal starbucks? Sebuah kedai kopi berlogo Siren (Makhluk laut dalam mitologi Yunani) Perusahaan kopi asal amerika yang namanya kini telah mendunia. Tahukah anda, asal usul nama starbucks? Tahukah, arti nama label minuman kopi yang terkenal ini?

Siapakah orang dibalik suksesnya kedai kopi starbucks ini ? beliau adalah Howard Schultz, Chairman sekaligus CEO dari starbucks yang telah meraih mimpinya untuk mendirikan kedai kopi yang awalnya sederhana namun kini telah mendunia.

Sebelum menjadi CEO, beliau adalah seorang General Manager di suatu perusahaan. Hingga suatu hari beliau mengunjungi Starbucks yang saat itu masih menjadi toko kecil pengecer biji kopi yang sudah disangrai.

Toko tersebut didirikan oleh jerry Baldwin dan Gordon bowker yang memiliki semangat tinggi ketika mempelajarai tentang kualitas kopi Howard memutuskan untuk bergabung dengan starbucks, karena semangat jerry dan Gordon sungguh luar biasa.

Jerry pernah menolaknya karena starbucks sedang terbelit hutang dan tidak memiliki modal untuk melakukan perubahann. Howard memiliki tekad yang kuat, sehingga ia akan mendirikan perusahaan sendiri. Dari pengalaman starbucks ia memutuskan untuk tidak hutang dan memilih untuk mencari investor.


Beliau juga pernah ditolak bahkan direndahkan, namun penolakan itu tak sia-sia, howard berhasil mengumpulkan uang dari usahanya dan beliau berhasil membeli starbucks dari pendirinya tersebut. Howard berinovasi dengan kedai kopi starbucks yang modern.

Dengan mengahdirkan barista professional di sudut bar untuk menyajikan kopi secara langsung. Beliau juga telah membuktikan ke para pemberi kredit bahwa dalam waktu kurang dari 5 tahun beliau dapat membuka 125 kedai kopi di amerika serikat.

Berbeda dari starbucks yang dulu, belum dikuasai howard. Kini starbucks telah menjadi kedai kopi yang telah mendunia. Howard dibantu oleh orin C smith untuk mengembangkan bisnisnya hingga ke seluruh dunia. Siapa sangka howard yang dlunya hidup serba kekurangan, banting tulang untuk membantu keluarganya. Kini ia menjadi pengusaha kopi terkaya di dunia. Berkat kegigihan dan ketekunannya.