Bisnis Vs Kerja? Emang Harus Salah Satu?

Bisnis Vs Kerja (Format: Pixabay.com)

Bisnis Vs Kerja (Format: Pixabay.com)

Like

Memang sering kali menjadi perdebatan bagi kamu yang ingin bisnis versus kerja. Akan tetapi, hal tersebut tentunya bisa kamu jalani dua-duanya asal mengerti akan konsekuensi yang ada.

Beberapa orang pun ending-nya terkadang lebih memilih berkarir di perusahan dibanding berbisnis. Bukan karena tidak mampu, namun mereka merasa menemukan passion saat berkarir di perusahaan.

Namun, untuk kamu yang masih ragu akan pilihan keduanya maka tak perlu khawatir. Dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai keuntungan bekerja sekaligus berbisnis. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.


Lakukan Keduanya Sekaligus

Dengan menjalankan keduanya, maka keuntungan yang kamu akan dapatkan  adalah adanya penghasilan lebih yang kamu miliki. Sehingga, kamu bisa saja mengalokasikannya untuk belajar berbisnis atau investasi lagi. Meskipun masih muda, kamu harus bisa mengelola keuanganmu dengan baik, yah!

Namun, saat melakukan keduanya kamu harus tetap melakukannya dengan tanggung jawab. Masalahnya, dengan memulai sebuah bisnis maka kamu akan membagi waktu dan pemikiranmu, nih! Jadi pastikan kamu punya alasan yang kuat terhadap dirimu “Mengapa harus mulai dari sekarang?”

Sama halnya untuk menjaga profesionalitas dalam pekerjaan kamu patut memikirkan “Mengapa saya harus tetap bekerja dengan baik?” Tentu selain karena modal, bisnis membutuhkan relasi. Jadi, kamu gak perlu tinggalkan pekerjaanmu.


Kamu bisa berpegang teguh pada mindset bahwa bisnis yang kamu bangun dan pekerjaan yang kamu jalani adalah bagian dari kesenanganmu.

Nah, sudah itu kamu pun perlu memberikan porsi yang seimbang untuk keduanya. Meskipun kedua hal tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda, akan tetapi kamu tetap harus menjadi orang yang mampu bersikap adil.

Agar nantinya kamu tidak mengalami kendala di dalam menjalankan keduanya, maka sebaiknya kamu perlu membuat jadwal yang sesuai. Selain itu, pertimbangkan untuk membuat bisnis yang benar benar kamu kuasai. Sehingga dapat berjalan dengan lancar.


Dengan Mengenalkan Produk Kamu Kepada Rekan Kerja

Ketika kamu dibingungkan untuk memilih bisnis versus kerja, maka kamu pun bisa melakukan keduanya. Hal ini dikarenakan ketika kamu berbisnis sekaligus bekerja, maka kamu bisa mengenalkan produk tersebut kepada rekan kerja.

Hal ini dapat menjadi salah satu strategi marketing yang menguntungkan. Sehingga produk yang kamu jual akan semakin laku. Rekan kerja kamu pun juga bisa menjadi tahu bahwa selama ini kamu tak hanya bekerja di kantor saja, melainkan juga memiliki bisnis. Ini bisa menjadi salah satu contoh yang baik bagi sesama rekan kerjamu, lho!

Jangan malu untuk minta review dan komentar, ya! Masukan bisa membuat bisnis mu lebih baik lagi. Ingat kunci dari bisnis tidak hanya untung saja. Namun, bagaimana memperhatikan kualitas dan kebutuhan konsumen. Jadi, pastikan ya produk yang kamu jual memiliki nilai yang penting dan berguna untuk pembelinya.


Memulai Bisnis Dari Hobi yang Disukai

Bisnis yang kamu jalani, dapat berupa hobi yang selama ini memang kamu sukai. Contohnya saja, bagi kamu yang memiliki hobi menggambar maka hal tersebut akan bisa menghasilkan pundi pundi uang yang menguntungkan.

Untuk itu, kamu pun bisa memulai bisnis dengan hobi yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan nantinya kamu tak perlu bingung untuk memilih bisnis versus kerja. Ketika kamu memiliki hobi yang bisa menghasilkan uang maka hal tersebut tak akan mengganggu pekerjaan.

Misalnya jika kamu memiliki hobby dan kemampuan dalam bidang jasa desain grafis. Nah, dengan pekerjaan yang sesuai hobi, maka kamu pun juga bisa berbisnis dengan menjual jasa desain mu ke orang lain. Kamu juga bisa mengasah skill menggambar yang kamu miliki.

Dengan begitu, kamu pun tak perlu ragu lagi untuk memilih berbisnis maupun bekerja. Hal ini dikarenakan ketika kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan melaksanakan tanggung jawab dengan maksimal, maka keduanya akan bisa kamu jalankan.

Simak juga: 10 Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal di Bawah Rp500 Ribu