Bisnis Vs PNS? Harus Pilih Satu Ya!

Bisnis VS PNS (Format: pixabay.com)

Bisnis VS PNS (Format: pixabay.com)


Setiap orang memiliki kebebasan memilih termasuk dalam hal pekerjaan. Meskipun demikian, semakin banyaknya pilihan membuat seseorang sulit menentukan karir yang ingin ditekuni. Salah satunya profesi yang sering diperdebatkan adalah bisnis versus PNS.

Sebenarnya, keduanya menawarkan masa depan yang cerah jika dijalani dengan fokus. Baik bisnis maupun PNS memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Bagi kamu yang sedang galau memilih diantara keduanya, simak ulasan berikut ini beberapa perbedaan antara bisnis dan PNS:


Kebebasan Menggali Potensi Diri

Jika ingin menggali potensi dengan bebas, maka pilihan yang paling tepat adalah berbisnis. Dengan memulai usaha sendiri, kamu bisa melakukan experiment dengan hobi yang kamu sukai. Sehingga menjalankan bisnis yang sesuai dengan kemampuan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, saat membuka usaha sendiri, kamu akan lebih mudah mengembangkan ide yang kamu miliki, serta membuat inovasi baru yang sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Kamu juga lebih bebas menentukan banyak hal mulai dari hal hal kecil seperti ruangan kerja.

Berbeda dengan PNS dimana kamu harus bertemu dengan orang dan lingkungan yang sama setiap harinya. Banyak orang yang akhirnya jenuh saat menjalani rutinitas yang sama dalam waktu yang cukup lama, apalagi PNS baru berhenti bekerja setelah memasuki masa pensiun.


Perhitungan dari Segi Waktu

Bisnis versus PNS dari segi waktu bekerja memang lebih menguntungkan menjadi seorang pebisnis. Liburan menjadi hal yang dibutuhkan untuk merileksasikan pikiran. Saat memilih menjadi pebisnis, kamu bisa lebih bebas menentukan waktu libur karena kamu sendiri memang bosnya.


Jadi, kamu bisa liburan kapanmu tanpa terikat waktu kerja, bahkan di luar hari weekend sekalipun. Tentunya, setelah kamu memastikan jika pekerjaanmu sudah kamu selesaikan dengan baik.

Sedangkan jika menjadi PNS, kamu harus merencanakan liburan sesuai dengan tanggal merah yang telah diatur sebelumnya oleh pemerintah. Jadi kamu perlu bersabar menanti hari libur, meskipun kamu sedang membutuhkan refreshing.


Keuntungan dari Segi Penghasilan

Apabila yang kamu inginkan adalah jumlah penghasilan yang pasti, maka bisnis versus PNS lebih menguntungkan menjadi PNS. PNS  memiliki pendapatan tetap dan pasti setiap bulannya ditambahkan dengan tunjangan tunjangan lain termasuk juga biaya perjalanan dinas.

Dengan adanya penghasilan yang tetap maka kamu tidak akan khawatir mengenai kebutuhan sehari hari. Kamu tinggal melakukan perencanaan dengan jumlah uang yang sudah diketahui agar bisa mencukupi semua kebutuhanmu.

Berbeda dengan seorang bisnis dimana jumlah penghasilan tidak bisa diperhitungkan dengan pasti. Bisa saja dalam satu bulan penjualan mengalami kenaikan sehingga penghasilan meningkat. Juga tidak menutup kemungkinan jika kamu akan mengalami kerugian.


Jaminan di Hari Tua

Pertimbangan terakhir antara pebisnis dan PNS yaitu jaminan di hari tua. Menjadi seorang PNS, kamu akan mendapatkan uang pensiun sebagai jaminan saat sudah tidak mampu bekerja. Dengan demikian, beban yang kamu pikirkan untuk menyiapkan masa tua menjadi berkurang.

Apabila kamu memutuskan menjadi pengusaha, maka kamu harus menyiapkan tabungan sendiri untuk cadangan di hari tua. Jika kamu tidak menabung mulai sejak muda untuk mempersiapkan masa pensiun maka tidak ada jaminan yang akan membiayai masa tuamu.

Jika diperhitungkan antara bisnis versus PNS di masa tua, sebenarnya menjadi pebisnis juga tidak menjadi masalah. Karena jika usahamu sukses, menyiapkan tabungan saat kamu memasuki usia yang sudah tidak produktif bukan hal yang sulit.

Dengan menganalisa kelebihan dan kekurangan masing masing, kamu bisa menentukan pilihan yan terbaik.

Tidak ada yang salah baik dengan PNS maupun bisnis karena keduanya sama sama menguntungkan. Hal yang terpenting adalah kamu memilih sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Yuk, simak artikel lainnya tentang bisnis vs investasi!