Jangan Sepelekan Bisnis Cuci Sepatu!

Bisnis Cuci Sepatu (Format: pixabay.com)

Bisnis Cuci Sepatu (Format: pixabay.com)

Like

Mencoba berbisnis memang perlu dilakukan selagi muda. Semakin banyak pengalaman yang didapatkan, mengembangkan bisnis nantinya akan semakin mudah.

Bukan seberapa banyak yang kamu dapatkan, namun seberapa kuat kamu membangun mentalmu. Sebelum lanjut, kamu bisa embaca apa kata Nadiem Makarim untuk para pebisnis.

Nah, ada banyak bisnis yang bisa dicoba, salah satunya bisnis cuci sepatu. Seakan memang terdengar sepele, namun keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini lumayan banyak bahkan bisa lebih besar dari mesin cuci.

Sedangkan untuk modalnya sendiri tidak jauh berbeda dengan jasa pencucian yang lain. Tertarik mencobanya? Yuk simak tipsnya, berikut hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka jasa laundry sepatu. 


Kenali Kondisi Lingkungan

Memang bisnis satu ini memiliki peluang yang menguntungkan, namun faktor lokasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis selanjutnya. Setiap bisnis bisa sukses apabila lokasi usaha dekat dengan target pasar termasuk juga dengan jasa laundry sepatu.

Sebelumnya kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu apakah memang lokasi dari bisnis yang akan kamu bangun cukup strategis. Memang dibutuhkan data yang lebih akurat untuk menganalisa kondisi pasar.


Jika terbatas modal, kamu bisa melakukan pengamatan apakah di lokasi tersebut banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Umumnya para pengguna jasa ini berasal dari kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran.


Menyiapkan Lokasi Usaha

Apabila setelah dilakukan analisis, tempat tinggalmu cukup potensial untuk menjalankan bisnis ini, maka langkah kedua yang perlu dilakukan adalah menyiapkan lokasi usaha beserta peralatan dan bahan yang dibutuhkan.

Bisnis cuci sepatu tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, jadi kamu bisa memakai ruangan yang kosong di rumah. Luasnya bisa menyesuaikan sekiranya dapat memuat mesin cuci, tempat pengeringan, rak sepatu dan perlengkapan lain seperti deterjen dan pewangi.


Membeli Mesin Cuci

Tentu perlengkapan yang tak boleh ketinggalan adalah mesin cuci. Namun yang digunakan untuk bisnis satu ini berbeda dengan mesin cuci biasanya karena memang menggunakan mesin cuci khusus yaitu shoes laundry machine.

Harga mesin cuci tergantung dari kapasitas dan fitur yang ditambahkan. Umumnya harga yang ditawarkan berkisar antara 2 juta hingga 5 juta. Untuk mempercepat proses pengeringan sebaiknya pilih mesin cuci yang dilengkapi dengan fasilitas dryer.


Perlengkapan untuk Jasa Laundry Sepatu

Selain mesin cuci, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan yang lain untuk bisnis cuci sepatu seperti deterjen dan pewangi. Proses pencucian sepatu terdiri dari pencucian basah, pembersihan kering dan wet & dry.

Pencucian basah membutuhkan bahan kimia diantaranya bacterial Is, surfaktan e Is, neutralizer s ls, cleaner o Is, solvent perfume dan water. Proses pembersihan kering memakai bahan kimia seperti shoes sceaner, antibacterial Is, neutralizer s ls, serta solvent perfume.

Sedangkan proses wet & dry yaitu metode kombinasi antara pencucian basah dan pembersihan kering memerlukan perlengkapan seperti sikat kasar, kuas, sikat halus, kain microfiber. Selain itu, diperlukan juga suede sponge, botol semprot dan penghapus karet.


Melakukan Promosi

Setiap bisnis pasti membutuhkan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan produk, termasuk juga dengan jasa laundry sepatu. Promosi dapat dilakukan dengan memasang poster iklan di sekitar lingkungan sekolah, kampus maupun perkantoran.

Selain melakukan pemasaran offline, kamu juga perlu memanfaatkan media sosial seperti Twitter dan Facebook untuk mengenalkan bisnis cuci sepatu yang kamu jalankan. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Jika dapat membaca peluang dengan baik dan menyiapkan perencanaan yang matang bisnis yang dijalankan akan lebih cepat sukses. Selain itu, kamu juga perlu belajar mengenai teknik mencuci sepatu yang tepat.

Sudah siap mencoba bisnis satu ini?

Jangan lupa simak bagaimana menyimbangkan keuanganmu menurut Raditya Dika.

Semoga bermanfaat!