Robita: Tas Handmade Asli Indonesia yang Bernilai Jutaan Rupiah

sumber: https://twitter.com/robita_jp

sumber: https://twitter.com/robita_jp

Like

Kerajinan tangan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi melihat prospek produksi kerajinan tangan di Indonesia, yang memiliki ciri khas tersendiri dan peminatnya yang kebanyakan dari kalangan atas

Banyak juga para wisatawan asing atau masyarakat global yang memiliki ketertarikan tinggi akan hasil kerajinan tangan khas Nusantara.

Peluang ini lah diambil oleh Sunny Kamengmau dalam merintis tas kulit rajutan buatan tangan asli alias handmade. Tas handmade ini diberi nama Robita, yang berasal dari nama tokoh kartun animasi Doraemon, yaitu Nobita.

Ketenaran tas ini tidak tanggung-tanggung. Tas Robita sudah eksis pada kalangan sosialita di negara Jepang. Dengan membanderol harga tas mulai dari Rp2 juta hingga Rp4 juta, Sunny bisa menerima omzet per bulannya sekitar Rp10 miliar rupiah.

Hasil yang manis ini tentu tidak didapatkan begitu saja. Ada banyak cerita tentang lika-liku menuju kesuksesannya dalam membesarkan nama tas Robita yang kini telah menjadi salah satu brand yang patut diperhitungkan.
 

Berawal dari Persahabatan dengan pengusaha Jepang.

Berangkat dengan semangat untuk merantau dan hanya berbekal ijazah SMP, Sunny memilih untuk mengadu nasib di Bali ketika masih duduk di bangku SMA. Dari kisah hidupnya yang diceritakan di anakdagang.com, selama di Bali, Sunny melakukan berbagai macam pekerjaan serabutan, hingga akhirnya ia dipromosikan menjadi satpam di salah satu hotel di Kuta, Bali.


Dari profesi sebagai satpam inilah Sunny mulai banyak berinteraksi dengan wisatawan asing. Banyaknya interaksi yang terjadi mendorongnya untuk belajar berbahasa Inggris dan juga Bahasa Jepang agar bisa juga bergaul dengan para tamunya.

Kisah awal mula Sunny merintis Robita berawal dari pertemuannya dengan salah satu wisatawan Jepang yang ternyata merupakan pemilik perusahaan Real Point Inc. pada tahun 1995, yaitu Noboyuki Kakizaki.

Setelah 5 tahun bersahabat, Noboyuki menawarkan kepada Sunny peluang untuk menjadi salah satu pemasok tas kulit buatan tangan di perusahaannya. Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh Sunny. Dengan modal nekat dan semangat dalam dirinya, Sunny menyanggupi penawaran tersebut.
 

Merintis Robita dengan penuh ketekadan.

Dikutip dari wawancara Sunny dengan detikFinance, ide bisnis tas kulit handmade ini bermula dari pengamatan terhadap orang Jepang yang sangat menyukai produk handmade.

Namun, ternyata ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan. Minimnya pengalaman dalam memproduksi tas ternyata tidak memuaskan Noboyuki dan rekan Jepang lainnya.

Tanpa merasa putus asa, Sunny terus berusaha menghasilkan sampel tas yang berkualitas. Ia memulainya dengan bekerja bersama seorang staf yang membanya sebagai penjahit dan pembuat tas.

Butuh waktu enam bulan utnuk dapat menghasilkan satu sampel yang bahkan tidak langsung mendapatkan respon baik dari sahabatnya. Berkali-kali ia dan stafnya terus membuat sampel. Tekad Sunny sudah kuat, sebanyak apapun kegagalan dan keputusasaan yang dirasakan, ia terus membuat sampel tas.

Berkat ketekunan dan juga kepercayaan dari sahabanya, akhirnya tas buatan Sunny mulai membaik dan mendapatkan respon positif. Perlahan produksi tas kulit handmade ini mulai diproduksi.
 

Banyak disukai masyarakat Jepang.

Awal mula pemasaran produk tas Robita di Jepang masih menerima sedikit pesanan. Bahkan sampai tahun 2003 produksi tas Rpbita hanya sanggup mencapai angka 100-200 tas per bulannya.

Perlahan tapi pasti, bisnis ini mulai berkembang dengan baik. Robita mulai mengalami puncak produksi sejak tahun 2006 hingga saat in dengan mampu memproduksi lebih dari 5.000 tas per bulan dengan lebih dari 20 sampai 30 model yang sudah dikeluarkan.

Kini tas Robita banyak digemari di kalangan masyarakat Jepang. Harganya yang tinggi tidak menyurutkan minat para pembelinya. Agar bisa mempromosikan produknya di negaranya sendiri, Sunny juga telah membuka gerai Robita di Bali. Pemesanannya juga sudah dapat diakses melalui platform online maupun website resminya sehingga masyarakat bisa lebih mudah memiliki tas handmade berkualitas tinggi ini.