3 Hal Anti-Mainstream Ini Bisa Jadi Sumber Investasi Kamu Lho!

Classic Illustration - Canva

Classic Illustration - Canva

Like

Investasi merupakan hal yang penting kita miliki untuk kebutuhan keuangan di masa depan. Sejumlah instrumen investasi kayak saham, reksa dana, obligasi, deposito, dan emas, pastinya sudah akrab banget dong di telinga kamu.

Bahkan, dikutip dari Bisnis.com, obligasi berhasil menjadi instrumen investasi yang menunjukkan kinerja paling positif sepanjang 2019. Enggak cuma itu, emas juga dinilai menjadi aset investasi aman yang menguntungkan karena harganya yang cenderung naik, tak terkecuali saat adanya ketidakpastian ekonomi.

Meski begitu, ternyata hal-hal ini juga bisa jadi sumber investasi kamu lho!
 

Investasi Barang Antik

Barang-barang kuno memang terkesan “jadul” dan kadang enggak menarik di mata anak muda. Namun, siapa sangka, barang dari masa lalu itu bisa kamu jadikan investasi.

Kok bisa?

Dilansir dari laman Bukalapak, barang antik dinilai sebagai barang yang punya nilai estetika tersendiri nih. Di kalangan para kolektor, meski peninggalan dari masa lalu, barang antik bisa bernilai tinggi.


Barang antik yang biasanya bernilai di mata kolektor adalah barang yang sudah mulai langka dan berusia sangat tua. Sejumlah barang yang biasanya diburu antara lain lukisan, batu, keris, jam, piringan hitam, guci, mobil tua, dan masih banyak lagi.

Namanya berinvestasi, pasti ada risikonya. Apalagi, berinvestasi barang kuno, yang notabene butuh perawatan khusus agar enggak mudah rusak.

Untuk itu, kamu pun perlu bergabung dengan komunitas barang antik untuk bisa berbagi informasi seputar perawatan, jenis barang, hingga kemudahan transaksi jual-beli barang antik. Soalnya, orang-orang yang tergabung dalam komunitas barang antik tentunya sudah punya pengalaman yang matang dan lebih terpercaya.

 

Investasi Mainan Diecast (Hot Wheels)

Buat kamu yang hobi otomotif atau mainan berbau otomotif, pasti sudah enggak asing lagi dengan istilah diecast atau die-cast. Sesuai namanya, mainan ini diproduksi dengan menggunakan metode die-casting, atau proses pelelehan logam maupun metal.

Ada banyak sekali jenis diecast. Salah satu yang paling terkenal adalah Hot Wheels.

 

Diecast - Image: Canva

Diecast - Image: Canva


Hot Wheels yang merupakan brand naungan Mattel ini sudah dua dekade eksis di dunia mainan dan miniatur otomotif lho. Nah, Hot Wheels ini punya beragam jenis diecast dengan seri yang berbeda-beda.

Enggak jarang, Hot Wheels juga kerap meluncurkan produk dengan tema khusus seperti Disney, film Fast & Furious, Scooby-Doo, hingga edisi band legendaris Inggris, The Beatles. Selain itu, Hot Wheels juga terkenal dengan seri rare atau limited edition.

Nah, Hot Wheels yang langka tersebut bisa jadi sumber investasi kamu nih. Mirip dengan berinvestasi barang antik, Hot Wheels dengan seri yang langka tersebut kerap kali diburu para kolektor.

Semakin diburu dan sulit didapatkan, maka sudah pasti harganya akan semakin mahal. Dari laman icaltoys.com, Diecast yang memiliki nilai investasi tinggi bisa diukur berdasarkan model, brand, tahun pembuatan, tempat produksi, kualitas komponen, jenis mobil, edisi, skala, stok, dan MIB (kondisi diecast).