Kisah Inspiratif dari Para Pengusaha Sukses di Indonesia, Salah Satunya Gibran Rakabuming?

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Di balik layar dunia bisnis, ada banyak sekali kisah inspiratif dari para pengusaha di Indonesia. Mereka inilah yang disebut sebagai visioner, pahlawan, dan inovator yang telah mengubah pola pikir masyarakat menjadi raksasa bisnis.

Di mana uang bukanlah satu-satunya harta yang dimiliki, tetapi juga keinginan, kerja keras, dan ideologi yang kuat untuk menggapai masa depan beserta banyaknya rintangan yang datang untuk menghadang.

Bagi banyak orang, kisah-kisah mereka menjadi inspirasi dan motivasi untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Baca Juga: Menyelami Perjalanan Inspiratif: Ulasan Buku Jurnal Ph.D. Mama



4 Kisah Sukses dari Pengusaha di Indonesia

Bob Sadino

Pengusaha yang bernama lengkap Bambang Mustari Sadino ini lahir di Lampung pada tanggal 9 Maret 1939 dan dikenal sebagai salah satu pengusaha yang cukup sukses.


Ia memulai usaha pertamanya dengan bisnis penyewaan mobil, dengan modal memiliki satu mobil Mercedes dan ia sendiri yang bertindak sebagai sopir.

Namun, karena kecelakaan yang menimpa saat mengemudikan mobil sewaannya, bisnis itu terhenti di tengah jalan.

Tetapi, dirinya tidak menyerah begitu saja ia melihat kesempatan untuk memulai bisnis lain, yaitu usaha peternakan ayam dan produksi telur.

Bob akhirnya mulai menjalankan bisnis tersebut setelah mendapatkan pinjaman dari tetangganya. Pada awalnya, Bob menjual dagangannya sendiri dari rumah ke rumah di sekitar wilayah tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Kisah Inspiratif King Camp Gillette, Sang Penemu Brand Gillette

Hingga pada akhirnya, usaha dalam bisnis telur bisa menjadi sukses dan berkembang dengan memasarkan daging dan sayuran hidroponik.




Susi Pudjiastuti

Perempuan kelahiran 1965 ini adalah seorang pengusaha yang terkenal tegas yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah naungan Presiden Jokowi.

Ia memulai bisnisnya dibidang perikanan sebelum akhirnya beralih ke maskapai penerbangan. Setelah memilih untuk meninggalkan sekolah sebelum lulus SMA, ia memulai karirnya sebagai penjual pakaian dan sprei ranjang.

Ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya di beberapa restoran dengan modal hanya Rp750 ribu dari penjualan perhiasannya.

Bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai pasar pelelangan ikan di Pangandaran setelah sempat tersendat, dan bahkan kemudian mulai mengekspor ikan dan lobster.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Armand Hartono, Sang Putra Mahkota Keluarga Hartono

Bisnis perikanan tersebut juga menjadi dasar maskapai penerbangannya. Susi membeli pesawat dengan pinjaman bank untuk mengangkut produk lautnya untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat baik melalui darat maupun laut.

Pesawat ini kemudian berkembang menjadi maskapai penerbangan Susi Air, yang melayani rute di pedalaman dan carter.