Kisah Inspiratif dari Para Pengusaha Sukses di Indonesia, Salah Satunya Gibran Rakabuming?

Like

Achmad Zaky

Apakah Anda pernah mendengar tentang Bukalapak atau bahkan berbelanja disitu? Jika pernah maka dari itu kamu perlu mengetahui siapa pemilik dari e-commerce tersebut.

Achmad Zaky adalah orang yang bertanggung jawab atas perusahaan e-commerce ini. Achmad Zaky pernah menjabat sebagai CEO Bukalapak.

Menjadi pendiri dan CEO Bukalapak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah seperti membalik telapak tangan.

Sejak masih berada dalam bangku SD, Achmad Zaky telah memiliki minat di bidang pemrograman. Ia tidak hanya tertarik, tetapi juga sudah mengenal berbagai alat dan teknologi pemrograman.

Baca Juga: Pengaruh Seragam Karyawan terhadap Citra Usaha dan Produk: Sebuah Studi Kasus Gerai Air Mineral Isi Ulang


Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan tinggi di ITM dan setelah lulus menjadi seorang konsultan IT yang fokus pada pengembangan website, aplikasi, dan pemasaran digital.

Berkembangnya karier hingga pada tahun 2010, Achmad Zaky bersama Nugroho Herucahyono mendirikan Bukalapak. Sejak saat itu, dia juga telah menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

 

Gibran Rakabuming

Di luar fakta bahwa sang ayah, Joko Widodo, sekarang menjadi presiden negara Republik Indonesia, hampir seluruh masyarakat Indonesia mungkin sudah mengetahui nama Gibran Rakabuming.

Pemilik sebuah bisnis di bidang catering dan wedding organizer bernama Chili Pari adalah Gibran. Sebelum sang ayah menjadi Walikota Solo, kemudian Gubernur DKI Jakarta, dan akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo bekerja sebagai pengusaha mebel.

Baca Juga: Manfaat Audit Website Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Namun, Gibran memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Meskipun dirinya pada saat ingin memulai usaha telah ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank untuk memulai usahanya dengan modal pinjaman dan melayani pesanan partai kecil di Chili Pari.

Chili Pari sekarang sudah dapat menangani pesanan besar dengan ribuan tamu dan usaha yang sudah dibangun oleh Gibran semakin maju berkat kemampuan dan keuletannya sendiri.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung