Manfaat Audit Website Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Manfaat Audit Website Bisnis (Sumber gambar: istockphoto.com)

Manfaat Audit Website Bisnis (Sumber gambar: istockphoto.com)

Like

Sebutkan salah satu tools bisnis yang banyak digunakan oleh para pebisnis? Salah satunya adalah website bisnis. Website memiliki banyak manfaat untuk perkembangan bisnis.

Terutama dalam hal peningkatan kredibilitas dan kepercayaan dari target audience. Melalui website kit,a bisa dengan mudah melakukan berbagai strategi digital marketing lainnya. 

Misalnya, Pay Per Click marketing di mana website menjadi platform tujuan iklan dan SEO marketing (Search Engine Optimization).

Nah, khusus untuk kamu yang menjalankan website demi keperluan kampanye SEO, maka akan ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan.

Baca Juga: WebAssembly: Keuntungan dalam Mengoptimalkan Performa Website dan Keamanannya


Tentu saja ini berkaitan dengan poin-poin erat akan faktor yang mempengaruhi performa SEO website. satunya adalah kelebihan dan juga kekurangan website. Bagaimana kamu dapat mengetahuinya?, tentu saja dengan melakukan audit website.

Menurut Creativism, audit website adalah sebuah proses untuk kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah website. 

Baik yang dapat diukur melalui metrik tertentu ataupun yang tidak sama sekali. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari proses audit website ini.

Sebelum lanjut menjelaskan manfaat audit website, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu 4 elemen penting yang mesti dilibatkan proses audit.

Berikut 4 elemen audit website yang perlu kamu perhatikan! 


Baca Juga: Tips Membuat Konten Berkualitas untuk Website

 

4 Elemen Penting Audit Website

1. Tujuan

Kita harus dapat menentukan  tujuan dijalankannya website bisnis. Tujuan inilah yang nantinya akan memudahkan kita dalam proses menentukan metrik-metrik apa saja yang perlu diteliti.

2. Ukuran website.

Besar atau tidaknya sebuah website akan sangat mempengaruhi jumlah proses audit yang kita lakukan. Apabila website bisnis yang dimiliki memiliki ukuran file yang kecil, function yang tidak terlalu banyak terpasang, tentunya proses audit yang dilakukan akan lebih singkat dan juga tidak terlalu sering.

3. Algoritma terbaru dari search engine.

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan website itu sendiri, tetapi perubahan algoritma search engine, terutama Google, dapat mempengaruhi laju daripada strategi website marketing yang kita lakukan.

Untuk itu pastikan selalu bahwa strategi optimasi website yang kamu lakukan, sesuai dengan aturan dan algoritma terbaru Google.

4. Kompetisi.

Hampir mirip dengan penjelasan sebelumnya. Memahami persaingan antar kompetitor akan membantumu untuk memahami tren konten dan bisnis yang cepat berubah.

Baca Juga: Cara Mudah Menghapus Background Foto dengan Beberapa Website!



Manfaat Audit Website

Secara garis besar kita dapat memahami 3 manfaat dari proses audit website. 3 manfaat tersebut adalah;

1. Memudahkan Kita untuk Mengetahui Bagian Website yang Rusak atau Belum Optimal

Manfaat pertaa adalah memudahkan kita untuk dapat mengetahui bagian website yang rusak atau belum optimal sama sekali.

Data yang didapatkan dari proses audit, pada akhirnya akan menuntun kita untuk melakukan aksi pada bagian website seperti ini.

Kita bisa mengambil beberapa langkah penting untuk perbaikan ataupun pengoptimalan kembali. Menjalankan audit website akan memudahkan kita lakukan perbaikan teknis web yang itu berhubungan dengan SEO (Technical SEO).


2. Sarana Data Enrichment

Manfaat audit website yang kedua adalah mempermudah tim IT untuk lakukan data enrichment. Data enrichment sendiri adalah proses untuk meningkatkan atau memperkaya data demi meningkatkan kualitas pengambilan keputusan akan solusi tertentu.

Pada akhirnya ini juga akan mempengaruhi jalur daripada strategi website marketing yang dilakukan.


3. Menjadikan SEO Website Berkembang

Manfaat yang terakhir adalah membantu SEO website untuk berkembang lebih jauh. Perlu diketahui bahwa audit website adalah salah satu penerapan daripada technical SEO.

Sebuah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada ranah teknis. Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu audit website, dan juga manfaat yang bisa diperoleh darinya.

Semoga penjelasan yang mimin berikan ini menjadi manfaat untuk kamu semua ya!.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.