Peluang dan Tantangan: Menuju SDM Indonesia yang Unggul

Pekerjaan (Sumber: www.unsplash.com)

Pekerjaan (Sumber: www.unsplash.com)

Like

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang sangat berharga bagi suatu negara, termasuk Indonesia.

SDM yang berkualitas dan kompeten akan menjadi modal utama dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi bangsa.

Namun, sayangnya, situasi SDM Indonesia saat ini masih jauh dari memadai. Banyak faktor yang menyebabkan kurangnya kualitas SDM Indonesia, dan diperlukan solusi terbaru untuk meningkatkan SDM Indonesia ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Mengapa Employee Retention Penting untuk Diperhatikan Perusahaan?

Salah satu alasan mengapa SDM Indonesia perlu ditingkatkan adalah karena kurangnya tingkat pendidikan di Indonesia.


Meskipun sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat, namun masih terdapat kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Banyak anak-anak di daerah pedalaman yang tidak mendapatkan akses pendidikan yang layak, sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi dan bakatnya.

Hal ini tentu berdampak negatif pada kualitas SDM Indonesia secara keseluruhan.

Selain itu, rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia juga menjadi faktor penyebab rendahnya kualitas SDM.

Kurikulum pendidikan yang kurang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, keterbatasan fasilitas pendidikan, dan minimnya pelatihan keterampilan yang berkesinambungan membuat lulusan pendidikan di Indonesia belum siap menghadapi persaingan global.

Padahal, tantangan ekonomi global saat ini menuntut SDM yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan perkembangan teknologi dan pasar kerja.

Selanjutnya, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat Indonesia juga menjadi salah satu alasan mengapa SDM Indonesia perlu ditingkatkan.

Masih banyak masyarakat yang tidak memiliki akses layanan kesehatan yang baik, sehingga angka kematian akibat penyakit yang seharusnya dapat dicegah masih cukup tinggi.

Kesehatan yang buruk akan berdampak pada produktivitas dan kinerja seseorang, sehingga akan berpengaruh pada kualitas SDM Indonesia secara keseluruhan.

Solusi terbaru yang dapat diterapkan untuk meningkatkan SDM Indonesia adalah dengan melakukan peningkatan akses pendidikan yang merata serta peningkatan kualitas pendidikan di seluruh pelosok negeri.

Baca Juga: Kontroversi di Balik Tambang Emas Sangihe dan Freeport

Pemerintah perlu meningkatkan investasi dalam bidang pendidikan, mulai dari pembangunan infrastruktur pendidikan hingga peningkatan kualitas tenaga pendidik baik dari segi kompetensi maupun kesejahteraan.

Selain itu, penting untuk mengembangkan kurikulum pendidikan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja agar lulusan pendidikan lebih siap bersaing di dunia kerja.