10 Langkah untuk Menghindari Impulsive Buying yang Bisa Kamu Terapkan!

Like

6. Saat Gabut Carilah Kegiatan Positif

Ketika kita gabut biasanya hal yang pertama kita lakukan adalah scrolling e-commerce atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan untuk sekedar window shopping dan berujung kita membeli sesuatu yang yang tidak dibutuhkan.

 

7. Membuat Target Keuangan

Susun atau buat target keuangan dan lengkapi dengan jangka waktunya, misalnya akan membeli properti dan akan lunas berapa tahun lagi. 

Tujuan dari hal tersebut agar kita mempunyai tujuan untuk uang kita. Hal ini akan membantu kita untuk menahan diri mengeluarkan uang bagi sesuatu yang tidak penting.

Baca Juga: Rahasia Kaya ala Warren Buffet: 4 Jurus Jitu Menuju Kesuksesan Investasi Saham

 

8. Biasakan Mengendalikan Diri

Pengendalian diri merupakan hal yang penting dalam menghindari impulsive buying. Kendalikan diri untuk berbelanja dan hangout berlebihan.


Usahakan untuk dapat berkata “tidak” ketika akan ada ajakan membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan.

 

9. Membatasi Pergaulan dengan Teman yang Konsumtif

Era saat ini akan banyak ditemukan manusia-manusia konsumtif. Perhatikan dengan siapa kita berteman.

Apabila teman-teman kita ternyata golongan manusia yang cukup konsumtif, akan lebih baik kita membatasi diri bergaul dengan mereka.

 

10. Memahami Arti Self Reward

Self reward adalah penghargaan bagi diri sendiri, sebagai hadiah karena bisa meraih sesuatu atau menyelesaikan suatu pekerjaan.

Akan tetapi wajib diketahui bahwa self reward bukan berarti kita memanjakan diri kita terus menerus.

Baca Juga: Jatuhnya Saham Big Bank Berdampak Besar pada Penurunan IHSG

Ketika akan memberikan self reward nagi diri kita, lebih baik melihat kemampuan dan kondisi keuangan kita untuk beberapa bulan kedepan.



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung