Mengenal Mepamit, Tradisi Adat Bali yang Dilakukan Mahalini dan Rizky Febian Sebelum Menikah

Mahalini Raharja (Sumber Gambar: Instagram @mahaliniraharja)

Mahalini Raharja (Sumber Gambar: Instagram @mahaliniraharja)

Like

Sebelum menuju hari pernikahannya, pasangan selebriti Mahalini Raharja dan Rizky Febian melakukan serangkaian ritual adat Bali. Ritual tersebut dikenal dengan sebutan mepamit.

Mepamit merupakan upaca pernikahan tradisi dalam agam Hindu di Bali, di mana calon pengantin wanita asal wilayah tersebut meminta izin dan restu kepada keluarga besar, leluhur, hingga tetangga di desa asalnya untuk melangsungkan pernikahan. 

Tradisi ini biasanya dilakukan dalam waktu beberapa hari sebelum pernikahan berlangsung.
 

Prosesi Ritual Mepamit:

1. Calon Menentukan Tanggal

Calon mempelai wanita akan menetukan tanggal prosesi mepamit dilakukan, yang dilakukan berdasarkan perhitungan kalender Bali.

Prosesi ini juga akan dilangsungkan beberapa hari sebelum akad nikah dilaksanakan
 


2. Persiapan Sesaji

Pada proses ini akan disiapkan banyak sesaji untuk ritual tersebut. Mulai dari buah-buahan, bunga, dan perlengakapan upacara lainnya.


Baca Juga: 4 Ragam Tradisi dan Adat Jelang Lebaran di Indonesia: Dari Sumatera Barat Hingga Bali



3. Busana yang Baik

Calon pengantin wanita dan keluarga mengenakan seluruh pakaian adat Bali terbaik. Wanita akan menggunakan kebaya tradisional Bali yang terbuat dari brokat atau sutra, hiasan kepala yang terbuat dari bunga dan daun kelapa, serta perhiasan emas seperti kalung, gelang dan anting-anting.

Kemudian calon mempelai wanita akan melaksanakan upacara tersebut. Diawali dengan pengantar upacara, pembersihan diri, penyampaian maksud dan tujuan, pemberian nasihat, pemeberian restu, kemudian ditutup dengan doa bersama.