Dampak Penyakit yang Timbul Akibat Heatwave, Kamu Merasakannya?

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)

Like

Akhir-akhir ini, gelombang panas, atau yang juga dikenal sebagai heatwave, adalah fenomena cuaca ekstrem yang menyebabkan peningkatan suhu udara selama beberapa hari ini. 

Permasalahan ini menimbulkan masalah besar bagi lingkungan dan kesehatan manusia karena paparan sinar matahari dengan indeks tinggi sangat berbahaya bagi manusia.

Selain itu, jika tidak dilindungi menggunakan sunscreen atau pakaian untuk menutup seluruh tubuh, bukan tidak mungkin ada masalah kesehatan akibat panas ekstrim.



Penyakit yang Timbul Akibat Heatwave

1. Dehidrasi

Tubuh mengalami penguapan begitu cepat karena paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama pada saat suhu meningkat drastis.

Ini menyebabkan seseorang dehidrasi, yang membuatnya membutuhkan lebih banyak cairan. Dehidrasi ringan ditunjukkan dengan kulit kering dan urin yang keruh, sedangkan dehidrasi berat menyebabkan tubuh lelah dan pingsan, bahkan mungkin menyebabkan kematian.

 

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem Bakar Wilayah Asia, Gimana Nasib RI?





2. ISPA

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di saluran pernapasan.

Karena perubahan cuaca yang drastis, sistem kekebalan tubuh harus beradaptasi secara besar-besaran, yang mengganggu kemampuan melawan infeksi.

Kondisi ini rentan terjadi selama heatwave. Ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh pasien ISPA, termasuk batuk, sesak napas, nyeri tenggorokan dan demam.