Pendapatan Kuartal 1 Ancol Menurun, Ini Ternyata Penyebabnya!

Ancol masih jadi salah satu destinasi wisata warga Jabodetabek. (Sumber gambar: ancol.com)

Ancol masih jadi salah satu destinasi wisata warga Jabodetabek. (Sumber gambar: ancol.com)

Like

Pasti sebagian besar dari Be-emers tahu atau juga kerap kali mengunjungi taman hiburan terluas di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal I yang dikeluarkan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) tahun 2024 setidaknya Ancol mengantongi pendapatan sebesar Rp255,6 miliar.

Sebenarnya jika dibandingkan dengan pendapatan pada kuartal I pada tahun sebelumnya pendapatan Ancol turun hingga 1,8% atau memiliki selisih sekitar 4,7 miliar.

Banyak faktor yang mempengaruhinya tentu, bisnis taman hiburan yang menjadi pemasukan terbesar perusahaan sangat bergantung terhadap waktu libur.


Baca Juga: Rencana Aman, Liburan Dijamin Menyenangkan


 

Penurunan Pendapatan Terjadi Karena Pergeseran Musim Libur

Salah satu yang paling mempengaruhi dari menurunnya pendapatan pada kuartal I adalah bergesernya bulan puasa pada tahun 2024.

Hal ini tentunya berpengaruh terhadap penurunan pendapatan pada segmen tersebut.

Biasanya pada momen libur panjang lonjakan wisatawan memadati kawasan rekreasi, salah satunya Ancol.

Sementara di hari-hari biasa jumlah pengunjung akan sangat mudah diprediksi. Pada Bulan Maret lalu, juga bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan.

Hal ini, tentunya juga berpengaruh pada tren penurunan wisatawan yang berkunjung. Ditambah lagi pada kuartal pertama tahun ini Ancol gencar melakukan belanja operasi besar-besaran guna menyambut peak season libur panjang lebaran.

Hal ini juga tentunya mempengaruhi performa pendapatan perusahaan pada kuartal I. Hal ini diungkapkan Corporate Secretary PJAA, Agung Praptono.