Tips Memilih Platform Menulis Terpercaya dan Cuan Maksimal

Like

4. Keamanan Pembayaran

Pastikan platform memiliki sistem pembayaran yang aman dan andal. Cari tahu metode pembayaran yang tersedia dan seberapa cepat pembayaran dilakukan.
 

5. Dukungan dan Layanan 

Ketika kamu menghadapi sengketa dengan klien, apakah ada layanan bantuan atau tidak dari penyelenggara. Hal ini penting untuk diketahui demi keberlangsungan karir menulis kamu.

 

6. Fitur dan Alat Pendukung

Beberapa platform menyediakan alat bantu seperti pengelolaan proyek, pelacakan waktu, atau analisis kinerja. Pertimbangkan fitur-fitur tambahan ini dan bagaimana mereka bisa membantu kamu.

 

7. Persyaratan dan Ketentuan

Baca dengan teliti syarat dan ketentuan penggunaan platform. Pastikan kamu memahami hak cipta atas karya yang dibuat dan bagaimana ketentuan pemutusan kontrak berlaku.

Baca Juga: Membangun Kebiasaan Menulis dan Manfaatnya untuk Karir Profesional

 

8. Kesempatan untuk Berkembang

Pilih platform yang menawarkan peluang untuk meningkatkan profil penulis. Seperti fitur portofolio atau sistem rating yang adil.


Pertimbangkan juga apakah platform menyediakan pelatihan atau sumber daya untuk pengembangan profesional.

Beberapa platform menulis telah saya jajaki. Namun, bukan hanya cuan yang membuat kita betah dan tetap setia menulis di sebuah platform. yang populer untuk penulis freelance termasuk Upwork, Fiverr, ProBlogger, Freelancer, dan Medium Partner Program.

Setiap platform memiliki karakteristik uniknya sendiri, jadi pastikan untuk meneliti dan mencoba beberapa sebelum memutuskan yang paling cocok untuk kebutuhan kamu.

Perlu diketahui juga, setiap platform mempunyai sistem kurasi yang berbeda. Serta pangsa pasar yang berbeda pula.

Sebelum mengirim tulisan pastikan kamu mengetahui sistem kurasi dan pangsa pasarnya. Sehingga kamu bisa memilih dan memilah karya mana yang dipublish di platform tersebut.

Jika, kamu adalah penulis yang idealis pastikan platform yang dipilih sesuai dengan prinsip idealisme kamu, sehingga kamu merasa nyaman dan tenang dalam berkarya.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung