Santo Suruh: Bisnis Jasa Unik yang Mau Disuruh Apapun Demi Cuan

Jasa Santo Suruh dapat menjadi contoh inspiratif bagi yang ingin memulai bisnis (Sumber gambar: TikTok @santosuruh)

Jasa Santo Suruh dapat menjadi contoh inspiratif bagi yang ingin memulai bisnis (Sumber gambar: TikTok @santosuruh)

Like

Saat ini, dunia bisnis semakin berkembang pesat dan kompetitif. Ada banyak cara kreatif dilakukan oleh orang-orang untuk berusaha menciptakan peluang bisnis baru yang anti-mainstream atau unik. 

Faktor anti-mainstream ini justru membuat bisnis tersebut diburu oleh masyarakat karena punya inovasi yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, bahkan bisa menghasilkan cuan yang tak terduga. 

Salah satunya, ada bisnis unik yang sedang viral belakangan ini di media sosial yakni Santo Suruh. Bisnis tersebut berupa layanan jasa suruhan secara konvensional yang dikelola oleh seorang pria asal Bekasi bernama Susanto.

Prinsip Santo saat menjalankan bisnis tersebut ialah rela melakukan hal apa saja yang diminta oleh orang lain, meskipun pekerjaan tersebut “nyeleneh”. 

Selagi halal dan tidak merugikan orang lain, ia usahakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan cuan. Hal ini sesuai dengan slogan dari bisnisnya yaitu “Mau Disuruh Apa Saja Asalkan Cuan”.


Baca Juga: Membangun Bisnis Berbasis Kecintaan Membaca Buku

 

Perjalanan Bisnis Santo Suruh

Bisnis Santo Suruh telah berdiri sejak tahun 2019 lalu. Sebelum ada bisnis ini, ia hanyalah seorang buruh pengantar air isi ulang ke sekitar komplek perumahan. 

Lambat laun, para pelanggannya jadi suka meminta bantuan Santo untuk menitipkan barang atau makanan sembari mengantarkan air isi ulang ke rumah. 

Hal itulah yang membuat Santo tercetus ide untuk membuka jasa suruh. Awalnya, ia jadikan jasa suruh ini hanya pekerjaan sampingan dan sebagai umpan untuk tahu seberapa cuan. 

Ide “iseng” ini ternyata berkembang dan mendapatkan keuntungan lebih dibanding pekerjaan tetapnya. Hal tersebut juga didukung karena dirinya punya relasi luas sebagai pengantar air isi ulang.

Berkat layanan jasa suruhnya yang berkembang, Santo akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya dan fokus ke bisnis barunya tersebut.

Mengutip dari Youtube Nugroho Triko Pramono, Santo merintis jasa suruhnya sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain dengan modal nekat dan percaya diri. Jerih payahnya ini membuahkan hasil yang mampu membuat bisnisnya semakin melejit.

Baca Juga: Starlink Elon Musk Siap Mengudara di Indonesia, Bisnis Internet Lokal Terancam Melebur?

Saat ini, bisnis Santo Suruh bahkan memiliki 50 karyawan yang bekerja untuk membantu melayani permintaan dari orang lain. 

Tak hanya itu, layanan jasa Santo Suruh juga aktif menggunakan media sosial Instagram dan TikTok untuk membagikan konten kesehariannya selama bekerja sekaligus bentuk promosi.

Apalagi, Santo kerap mengunggah video saat dirinya mendapatkan job yang tak terduga alias kocak. Hal ini yang membuat akun Instagramnya dibanjiri oleh komentar lucu dari netizen.

Tak heran apabila followers-nya bisa menyentuh angka ratusan ribu, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan engagement tersendiri bagi bisnisnya.