Kasus Burning Sun yang Kembali Viral, Cek Faktanya!

Kasus Burning Sun kembali heboh di media sosial dengan fakta-fakta baru yang terungkap (Sumber gambar: SBS Star)

Kasus Burning Sun kembali heboh di media sosial dengan fakta-fakta baru yang terungkap (Sumber gambar: SBS Star)

Like

Kasus Burning Sun di Korea Selatan kembali viral karena media BBC merilis dokumenter terbaru yang bertajuk “Burning Sun: Exposing the secret K-Pop chat groups” pada kanal Youtube-nya, Minggu (19/5/2024).

Sebenarnya, kasus Burning Sun sempat jadi sorotan publik pada tahun 2016 dan 2019 silam. Kasus ini juga digadang-gadang sebagai skandal terbesar dalam sejarah industri hiburan Korea. 

Penyebabnya karena sejumlah idol papan atas terlibat bahkan menjadi dalang dari kasus Burning Sun, seperti Seungri, Jun Jong-young, dan Choi Jong-hoon.

Akan tetapi, kasus ini menguak kembali ke publik melalui tayangan dokumenter yang merekam investigasi dari wawancara beberapa narasumber dan menemukan sederet fakta baru yang terungkap.

Lalu, bagaimana awal mula kasus Burning Sun ini terjadi dan apa saja fakta terbaru di baliknya? Simak artikelnya di bawah ini!


Baca Juga: Kemenpora Korea, Mulai Penyelidikan Usai Munculnya Isu Manipulasi Chart yang Melibatkan BTS!

 

Awal Mula Terbongkarnya Praktik Gelap Burning Sun

Kasus Burning Sun sendiri sebenarnya diambil dari nama lokasi kejadiannya yang merupakan salah satu club malam bergengsi di daerah Gangnam, Korea Selatan. 

Pemilik dari club Burning Sun adalah Seungri, mantan anggota dari boy group BIGBANG. Tempat tersebut jadi sarang yang menyimpan sisi gelap dari hiruk pikuk dunia hiburan K-Pop.

Tahun 2016, jadi awal mula kasus Burning Sun terungkap. Saat itu, pacar dari Jun Jong-young bernama Kyung-mi melaporkan adanya tindakan molka (tindakan perekaman ilegal) pada Jun Jong-young. 

Kabar tersebut pun langsung diberitakan oleh jurnalis Park Hyo-sil. Sayangnya, Jun Jong-young dibebaskan dari jeratan hukum karena dianggap tidak punya bukti yang kuat akan hal tersebut.

Alhasil, Kyung-mi malah mendapatkan perlakuan tak adil dan terpaksa harus meminta maaf ke publik.

Tiga tahun kemudian, kasus Burning Sun kembali menjadi topik perbincangan hangat. Pasalnya, terdapat anonim yang berhasil mengakses ponsel milik Jun Jong-young.

Baca Juga: Park Sung-Hoon Aktor Drama 'Queen of Tears' yang Diisukan Chaebol, Ternyata Miliki Masa Lalu Memilukan!

Kabar tersebut mencuat sampai ke tangan salah satu jurnalis di sana bernama Kang Kyung-yoon. Ia juga mendapatkan rentetan isi obrolan dari grup chat KakaoTalk yang beranggotakan Seungri, Jun Jong-young, dan Choi Jong-hoon (mantan gitaris FT Island).

Isi dari obrolan tersebut tak jauh-jauh tentang pelecehan dan penistaan terhadap perempuan di Burning Sun.

Didalamnya juga terungkap bahwa Seungri menyediakan jasa prostitusi dan penyelundupan narkoba supaya bisnisnya semakin sukses.