Ngobrol Asyik: Memanfaatkan Komunitas Sebagai Gerbang Sukses Berinvestasi

Like

5 Strategi Pilih Komunitas Investasi yang Aman


1. Kredibilitas Komunitas

Kredibilitas ini jadi kunci utama yang harus diperhatikan sebelum masuk komunitas. Kamu pasti tidak mau kan terjebak dalam komunitas bodong.

Makanya, perlu riset yang mendalam dan detail tentang komunitas tersebut, terutama pelopor dan mentor-mentornya. Kamu bisa research, misalnya melalui akun Linkedin untuk tahu background dan track record mereka.

 

2. Perhatikan Investing Style

Sebelum join ke komunitas, pastikan terlebih dahulu tujuan diri kamu ingin jadi seorang investor atau trader. Meskipun sama-sama bermain di dunia saham, tetapi punya konteks yang berbeda.

Jangan sampai kamu join ke komunitas yang bertolak belakang dengan tujuan kamu. Hal ini riskan terjadi misunderstanding information yang bisa membuat kamu jadi merugi. 

 

3. Punya Informasi yang Berkualitas

Tujuan utama investor atau trader masuk ke komunitas tentu ingin mendapatkan pemahaman-pemahaman baru yang lebih spesifik.


Jadi, harus pastikan komunitas tersebut selalu membagikan sederet informasi yang berkualitas dan kredibel, baik berupa isu, ulasan, maupun analisa dari mentor-mentor yang memang sudah berpengalaman. 

Baca Juga: Sharing with Blogger: Strategi Menjaga Semangat Menulis Jangka Panjang dan Cara Mengatasi Writer's Block
 

4. Adanya Edukasi dan Pembelajaran

Bagi kamu yang masih pemula, pastinya butuh banyak pembelajaran untuk memulai dunia investasi. Jadi, kamu harus pilih komunitas yang peduli dengan member-nya mengenai hal tersebut. 

Tidak hanya mendapatkan edukasi dan pembelajaran satu arah lewat media sosial, tetapi juga mendapatkan edukasi secara dua arah yang menarik melalui pertemuan dan konsultasi baik melalui pertemuan tatap muka maupun online dengan mentor-mentor.

Salah satu komunitas aman, ter-affiliate, dan punya edukasi serta pembelajaran yang berkualitas adalah Komunitas Stockbit. 

 

Komunitas Stockbit

Komunitas Stockbit

 

5. Tahu Engagement dan Activity

Penting untuk tahu apa saja forum dan aktivitas yang ada di komunitas tersebut. Dengan begitu, member akan merasa terbantu dengan komunitas terutama dalam memberikan masukan atau saran yang berkaitan dengan investasi.

Alhasil, komunitas bisa reachable sekaligus mendapatkan reputasi yang baik dan terpercaya dari para member.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung