Kelola Keuangan dengan Loud Budgeting Bisa Bikin Hidup Jadi Hemat!

Like

2. Prioritaskan Tujuan Finansial 

Tujuan dari mengatur pengeluaran tersebut supaya kamu bisa fokus untuk memenuhi perencanaan dan tujuan finansial di masa depan, misalnya untuk anggaran pembelian properti dan dana darurat. 

Hal ini harus dipersiapkan sedini mungkin sebagai modal di masa purnakarya nanti. 



3. Berani Jujur dan Terbuka 

Prinsip utama dari loud budgeting adalah harus berani, terbuka, dan jangan sungkan kepada orang lain kalau kamu lagi di fase hemat.

Justru dengan cara tersebut bisa jadi kesempatan untuk menyerukan stigma gaya hidup sederhana dan kedisiplinan diri dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: 6 Mindset untuk Meraih Kebebasan Finansial


Kondisi tersebut notabenenya adalah hal wajar di zaman sekarang disamping kehidupan penuh dengan ancaman inflasi yang semakin tidak karuan.
 


4. Alokasikan Dana dengan Investasi

Jangan lupa untuk sisihkan dana kamu sebagian dengan menabung atau berinvestasi. Melalui investasi, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa langsung digunakan sebagai kebutuhan di masa depan.

Bagi kamu yang masih pemula, manfaatkan teknologi seperti media sosial dan komunitas saham untuk belajar berinvestasi.

Namun, perlu diingat jangan langsung tergiur atau menelan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya sebagai antisipasi terjebak di situasi yang membuat merugi.

Gimana, Be-emers mau coba enggak nih kelola keuangan dengan cara loud budgeting ini?






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung