Apakah Uang Bisa Membeli Kebahagiaan? Begini Ternyata Hasil Risetnya!

Like

Uang Bisa Membeli Kebahagiaan

Semua seakan berubah ketika pada tahun 2021, muncul penelitian yang mengoreksi kesimpulan Kahneman. Riset ini dilakukan oleh seorang akademisi, Matthew A. Killingsworth. Dalam serangkaian penelitiannya, ia mengungkapkan kesimpulan yang punya kontradiksi terhadap penelitian Kahneman.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kebahagiaan seseorang terus meningkat seiring dengan naiknya income yang didapat. Hal ini berlaku secara linier, bahkan setelah angka pendapatan mencapai 100 juta per bulan.

Hasil penelitian ini tentu cukup menghebohkan, tidak hanya bagi publik tetapi juga bagi peneliti sebelumnya, Daniel Kahneman. Kedua peneliti ini kemudian berkolaborasi untuk melakukan riset bersama.

Baca Juga: Kelola Keuangan dengan Loud Budgeting Bisa Bikin Hidup Jadi Hemat!

 

Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan vs Uang Bisa Membeli Kebahagiaan

Hasil kerja sama antara dua peneliti ini kemudian berhasil diselesaikan pada tahun 2023. Penelitian ini berjudul “Income and Emotional Well-Being: A Conflict Resolve”. 


Dalam penelitian lanjutan ini mengungkapkan kalau keduanya benar. Pernyataan bahwa kebahagiaan meningkat pada seseorang sampai level tertentu itu hanya terjadi pada mereka yang kurang bahagia.

Beberapa dari mereka yang masuk ke dalam golongan ini adalah mereka yang mengalami depresi atau patah hati.

Pernyataan yang lebih tepat adalah ketidakbahagiaan seseorang berkurang seiring dengan bertambahnya income. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku sampai batas tertentu saja. 

Baca Juga: Peluang Sukses di Pasar Modal untuk Investor Pemula!

Sementara itu, untuk mereka yang memiliki kecenderungan lebih bahagia, mengungkapkan bahwa kebahagiaan meningkat seiring dengan bertambahnya pendapatan. Hal ini terjadi secara konsisten tanpa batas tertentu. 

Penelitian ini menunjukkan beberapa poin penting yang bisa kita peroleh mengenai hubungan uang dan kebahagiaan.

Jika kita saat ini memiliki uang yang terbatas, uang yang lebih banyak akan sangat besar kemungkinannya mempengaruhi kebahagiaan seseorang.

Akan tetapi, bila kalian dalam kondisi yang memiliki banyak uang tetapi tidak juga merasakan kebahagiaan. Mempunyai lebih banyak uang tidak akan terlalu berpengaruh pada tingkat kebahagiaan kalian. 

Kalau menurut Be-emers bagaimana? Sudah sempet baca hasil penelitiannya belum?







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung