Magic! Olahan Kopi Viral yang Dicari Pelanggan Coffee Shop

Magic, sebutan untuk olahan kopi asal Australia yang viral. (Sumber gambar: kopibandung.com)

Magic, sebutan untuk olahan kopi asal Australia yang viral. (Sumber gambar: kopibandung.com)

Like

Baru-baru ini, media sosial X dan Tiktok ramai dengan salah satu olahan kopi yang bernama “magic”.

Namanya yang cukup ikonik mengundang rasa penasaran banyak pencinta kopi. Apakah namanya sesuai dengan rasa yang akan kita rasakan?.

Magic adalah olahan kopi asal Australia yang populer di kafe-kafe di Kota Melbourne. Sebenarnya magic hampir sama dengan olahan kopi susu seperti cafe latte, tetapi dengan rasa yang lebih kompleks dan penuh dengan kejutan. 

Belakangan, olahan kopi yang satu ini juga mulai ramai di Indonesia. Beberapa coffee shop juga mulai memasukan olahan ini sebagai salah satu menunya.

Media sosial jadi salah satu alasan mengapa magic bisa amat dicari.

 

Sebenarnya Apa itu Magic?

Mengutip dari kanal YouTube SSG Coffee Channel, Mikael Jasin, barista yang baru saja jadi juara dunia asal Indonesia menjelaskan kalau magic adalah olahan kopi yang dicampur dengan susu.


Berbeda dengan cafe latte pada umumnya yang menggunakan espresso, magic dibuat dengan menggunakan ristretto. 

Pengolahan biji kopi untuk menghasilkan ristretto tak beda jauh saat membuat espresso. Akan tetapi waktu ekstrasinya dipangkas menjadi lebih singkat, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kompleks. 

Baca Juga: Perbandingan Jenis Kopi: Robusta vs Arabika untuk Kesehatan Optimal

Dua shot ristretto kemudian dicampurkan dengan susu yang sudah di-steam. Kemudian disuguhkan dengan gelas berukuran 5 oz.

Campuran ini sukses memberikan kopi dengan cita rasa yang intens dan eksplorasi cita rasa biji kopi yang unik.

Tapi jangan salah ya, Be-emers! terdapat olahan kopi lainnya yang mirip dengan magic yaitu flat white dan piccolo. Keduanya merupakan olahan kopi yang dicampurkan dengan susu. Perbedaannya hanya pada cara pengolahan dan presentasinya.