Potensi Cuan dari Industri Kreatif, Ini yang Bisa Dilakukan!

Like

Cuannya akan sangat besar mengingat loyalnya fans yang rela menggelontorkan uang berapapun.

Tengoklah Singapura pra dan saat Eras Tour Concert dimana tingkat okupansi hotel dan pendapatan dari transportasi baik darat maupun udara dari dan ke Singapura mengalami kenaikan gila-gilaan, tembus hingga lebih dari 100%.

Apa lagi namanya ini kalau bukan kesempatan emas? Tapi pertanyaannya, kita harus mulai darimana?

Pemerintah bisa mulai memetakan industri kreatif mana saja yang berpotensi mengangkat nama Indonesia. Misalkan, pemerintah bisa gencar mempromosikan wisata dan budaya Indonesia lewat perfilman yang menargetkan pasar luar negeri.

Baca Juga: Revolusi Distro Linux LangitKetujuh: Membuka Peluang Luas bagi Industri Kreatif Indonesia


Kemudian memberikan pelatihan terhadap para kru dan talenta-talentanya untuk memenuhi standar internasional juga bekerja sama dengan rumah produksi ternama agar dapat tampil di festival film dunia seperti Festival De Cannes.

Pemerintah juga dapat memfasilitasi event serupa di Indonesia. Tentunya kita perlu mempersiapkan hal-hal pendukung lainnya seperti pelayanan hotel yang sempurna nan paripurna, sistem transportasi yang mudah dan nyaman, juga aksesibilitas yang jempolan.

Semua ini perlu disinergikan agar berkesan baik bagi para tamu. Siapa tahu setelah sukses terselenggara, mereka akan datang kembali untuk acara serupa di bumi pertiwi.

Devisa kita langsung bertambah berkali-kali lipat lebih banyak bukan?






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung