Selain Konflik Israel-Palestina, Ini Alasan Warga Israel Desak Netanyahu Mundur!

Netanyahu ngotot soal penghancuran hamas (sumber gambar: detikcom

Netanyahu ngotot soal penghancuran hamas (sumber gambar: detikcom

Like

Warga Israel sedang ramai-ramai turun ke jalan untuk demo, mendesak Perdana Menteri mereka, Benjamin Netanyahu, untuk mundur.

Kalau kalian penasaran kenapa ribuan orang sampai turun ke jalan dengan semangat yang begitu besar, yuk kita bahas bareng-bareng!

Benjamin Netanyahu, atau yang biasa dipanggil Bibi, sudah lama menjadi sosok penting di politik Israel. Dia sudah menjabat sebagai Perdana Menteri sejak 2009 dan sebelumnya juga pernah menjabat dari 1996 hingga 1999.

Tapi, belakangan ini, pemerintahannya banyak dihantam masalah, mulai dari dugaan korupsi hingga penanganan pandemi COVID-19 yang dianggap buruk.

Salah satu alasan utama kenapa banyak warga Israel ingin Netanyahu mundur adalah karena dugaan kasus korupsi yang melilitnya.


Baca Juga: Usai Boikot, Ramai Aksi Blockout Medsos Artis Dunia yang Acuh soal Konflik Kemanusiaan!

Netanyahu didakwa dalam beberapa kasus yang melibatkan suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan.

Meski dia membantah semua tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai upaya "perburuan politik," banyak warga Israel merasa bahwa seorang pemimpin dengan kasus hukum sebanyak itu tidak layak untuk terus memimpin negara.

Selain itu, banyak yang tidak puas dengan cara Netanyahu menangani pandemi COVID-19. Israel sempat mendapat pujian karena cepatnya program vaksinasi, tetapi di sisi lain, banyak kebijakan yang dianggap tidak konsisten dan membingungkan.

Ekonomi Israel juga terpukul keras oleh pandemi, dan banyak warga yang merasa pemerintah tidak melakukan cukup untuk membantu mereka yang terdampak.