Investasi Emas Perhiasan, Apakah Untung?

Sumber Kompas.com

Sumber Kompas.com

Like

Emas tidak hanya bernilai ekonomis, tetapi juga memiliki nilai simbolis yang tinggi dalam kebudayaan berbagai suku di Indonesia.

Melalui penggunaan emas dalam upacara adat dan peristiwa penting, suku-suku di Indonesia menunjukkan penghargaan mereka terhadap tradisi, status sosial, dan kehormatan.

Warisan budaya ini mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
 
Atas latar belakang tersebut tak heran jika emas masih tetap menjadi primadona untuk investasi terlebih, emas mudah untuk diwariskan.

Selain itu emas mempunyai nilai estetika, emas perhiasan juga dipandang sebagai bentuk tabungan yang dapat memberikan keuntungan di masa depan. 
 
Namun, benarkah demikian? Lantas apakah sebaiknya memilih emas 24 karat atau emas dengan kadar karat lebih rendah? 
 

 Apa Itu Karat?

Karat adalah ukuran kemurnian emas dalam perhiasan. Emas murni adalah 24 karat, yang berarti 24 bagian dari 24 adalah emas murni tanpa campuran logam lain.


Semakin rendah karatnya, semakin banyak campuran logam lain yang digunakan, seperti perak, tembaga, atau nikel.

Misalnya, emas 18 karat berarti 18 bagian dari 24 adalah emas, sementara sisanya adalah logam lain.
 
 

Emas 24 Karat: Keunggulan dan Kekurangan

Keunggulan

1. Kemurnian Tinggi

Emas 24 karat adalah emas murni, yang memiliki nilai investasi tinggi karena tidak ada campuran logam lain yang mengurangi kemurnian dan nilai intrinsiknya.
 
 

2. Nilai Jual Kembali Tinggi

Karena kemurniannya, emas 24 karat cenderung memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi per gramnya dibandingkan dengan emas dengan karat lebih rendah.
 
 

3. Tidak Menimbulkan Alergi

Jarang orang yang alergi terhadap Emas murni, karena emas tidak mengandung logam lain yang sering menyebabkan iritasi kulit.
 

Kekurangan

1. Lembut dan Mudah Bentuk

Emas murni sangat lembut dan mudah berubah bentuk. Hal ini membuatnya kurang ideal untuk perhiasan yang dipakai sehari-hari karena rentan terhadap goresan dan kerusakan.
 
 

2. Biaya Produksi Tinggi

Proses pembuatan perhiasan dari emas 24 karat lebih sulit dan mahal karena sifatnya yang lembut. H ini yang membuat harga perhiasan emas murni lebih tinggi dibandingkan dengan emas yang memiliki karat lebih rendah.
 
 

3. Tampilan Lebih Cepat Memudar

Dibandingkan Emas dengan kadar lebih rendah, Emas murni lebih cepat kehilangan kilaunya. Emas Karat Lebih Rendah: Keunggulan dan Kekurangan