Investasi Emas Perhiasan, Apakah Untung?

Like

Investasi dalam Bentuk Emas Perhiasan

Emas perhiasan bukan pilihan investasi terbaik jika tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan finansial. Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam investasi emas perhiasan:
 

1. Biaya Produksi dan Desain

Emas perhiasan melibatkan biaya produksi dan desain yang tidak dihitung dalam nilai jual kembali. Sehingga ketika menjual kembali perhiasan emas kita, sudah tentu harganya lebih rendah dari pada waktu kita membeli. Jelas di sini, kita telah rugi.
 

2. Depresiasi dan Keausan

Perhiasan yang sering dipakai akan mengalami keausan, yang dapat menurunkan nilai jualnya. Ini berbeda dengan emas batangan atau koin emas yang tidak mengalami keausan.

Baca Juga: Tips Meraih Cuan Maksimal dari Investasi Emas

 

3. Tingkat Likuiditas

Emas perhiasan mungkin kurang likuid dibandingkan dengan emas batangan. Menjual perhiasan bisa lebih sulit dan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan menjual emas batangan yang biasanya lebih mudah diterima di pasar.
 

4. Pertimbangan Biaya

Saat membeli emas perhiasan, pertimbangkan biaya produksi dan desain. Pilih desain yang sederhana dan klasik yang cenderung memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi.

Memilih antara emas 24 karat dan emas dengan karat lebih rendah untuk perhiasan dan investasi bergantung pada tujuan, anggaran, dan preferensi pribadi kita.


Emas 24 karat menawarkan kemurnian dan nilai investasi yang tinggi, tetapi lebih mahal dan kurang tahan lama untuk pemakaian sehari-hari.

Sementara itu, emas dengan karat lebih rendah lebih kuat dan terjangkau, tetapi memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah.

Namun, sebelum mengambil keputusan yang optimal, pertimbangkan untuk mengkombinasikan keduanya dalam portofolio investasi. 

Baca Juga: 7 Langkah Cuan Investasi Emas, Kuy Ikutan!

Gunakan emas 24 karat untuk investasi jangka panjang dan pilih perhiasan emas dengan karat lebih rendah untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan cara ini, kita dapat menikmati keuntungan estetika dan finansial dari emas perhiasan tanpa mengorbankan salah satu aspek.

Kesimpulan terakhir menggunakan emas perhiasan untuk investasi dengan tujuan utama mendapatkan keuntungan, bukan pilihan tepat karena sudah dipastikan rugi karena adanya pemotongan biaya pembuatan dan desain.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung