Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan Di Tahun Pertama Bisnismu!

Like

Bangun Tim

Untuk menjalankan bisnis yang punya rencana jangka panjang, sudah pasti kalian memerlukan tim yang solid.

Mungkin tidak perlu sumber daya manusia yang banyak di awal, tetapi pilihlah mereka yang punya kompetensi di bidangnya.

Saran yang terpenting, kalian harus punya tim finance, ini membantu kalian untuk merencanakan keuangan yang sehat buat bisnis kalian.

Selain itu, dengan adanya tim kalian sebagai otak dari bisnis yang kalian jalankan bisa lebih fokus mengerjakan hal yang kalian sukai, kuasai dan efektif lakukan.

Untuk pekerjaan lain yang sifatnya praktikal bisa kalian delegasikan ke anggota tim di bawahnya.


Baca Juga: Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha yang Paling Menguntungkan!

 

Membangun Sistem yang Kuat

Yang terakhir, tetapi juga jadi yang paling krusial adalah kalian harus punya sistem yang berjalan dengan baik.

Dengan sistem yang baik akan memudahkan kalian untuk mentransfer ide-ide mengenai rencana strategis bisnis kalian ke berbagai pihak.

Sistem ini juga berlaku untuk mengatur sumber daya manusia yang ada bekerja secara efisien. Kalian sebagai founder tidak perlu lagi mengingatkan mereka untuk bekerja dengan baik dengan konsekuensi bagi mereka yang tidak.

Selain itu, dengan sistem yang kuat tim yang berada di bawah kalian mampu mengkomunikasikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Sehingga bisnis atau proyek yang sedang berjalan dapat terlaksana dengan baik.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung