Book Hive, Efektif Enggak sih Bikin Orang Jakarta Kecanduan Baca?

Like

Membaca Jadi Kegiatan yang Dapat Dilakukan Bersama

Selain memberikan fasilitas agar ruang publik dapat menjadi ruang baca yang bersahabat bagi masyarakat.

Book Hive juga seringkali mengadakan acara diskusi buku dengan nama “Bacot Buku”. Adanya kegiatan ini memungkinkan ruang diskusi yang interaktif bagi para bookworm.

Pesertanya bisa membagikan pengalamannya membaca buku tertentu dan yang lainnya juga dapat menambah referensi dan diskusi langsung. 

Selain itu, melalui akun Instagramnya @jakartabookhive mereka membagikan berbagai informasi pelatihan kepenulisan dan beberapa hal lain kepada pengikutnya.

Mereka berusaha untuk mengubah keresahan akan Jakarta yang masih dianggap minim literasi, jadi kota yang dipenuhi budaya membaca.


Baca Juga: Biar Tetap Eksis, Menparekraf Akan Sulap Pasar Buku Kwitang Jadi Zona Wisata Literasi!


Buka Ruang Kolaborasi

Untuk membangun sebuah komunitas baca yang organik, Farid Hamka yang jadi salah satu inisiator utama Book Hive juga berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Untuk melakukan penempatan rak buku publik ia dan kawan-kawannya berdiskusi dengan pihak kecamatan sekitar. Setelahnya mereka juga mengundang Pemerintah Jakarta untuk meresmikannya.

Selain itu, mereka juga banyak bekerja sama dengan tokoh-tokoh sastra dan mereka yang peduli dengan kegiatan literasi. Bahkan, beberapa rak publik yang ada di Jakarta merupakan hasil dari donasi atau juga crowdfunding. 

Tak sampai di sana, mereka juga aktif mengadakan kegiatan-kegiatan bersama komunitas baca yang sudah established di sekitar Jakarta.

Mengadakan pelatihan atau sesi diskusi buku. Yang juga tak ketinggalan adalah kerja sama dengan Kedutaan Irlandia. Harapannya, kedua negara bisa saling mempromosikan budaya literasinya satu sama lain.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung