Peluang Usaha dari Bisnis Kos-Kosan, Ini Tipsnya Supaya Cuan Terus!

Sumber Gambar : Simply Homy

Sumber Gambar : Simply Homy

Like

Tidak diragukan lagi jika bisnis kost-kostan cukup menjanjikan, khususnya di kota-kota besar atau pusat perdagangan, kota industri, dan pelajar. Penghasilan dari bisnis kos-kosan mengalir terus. Semakin banyaknya pelajar atau mahasiswa dan pegawa yang berasal dari luar kota dan daerah menjadikan pemilik kost-kostan menikmati keuntungan.

Sebagai usaha jangka panjang, tidak hanya menikmati penghasilan yang ngalir terus, tetapi bisa menikmati keuntungan dari terus naiknya nilai tanah. Pengelolaan usaha ini juga tidak begitu merepotkan. Jika tidak ingin repot bisa mempekerjakan orang lain untuk pengelolaan tiap hari serta melakukan pengecekan dan mengontrol secara berkala.


Fasilitas dan Pemasaran

Fasilitas yang digunakan juga beragam, ada yang menyediakan dengan kamar mandi luar atau dalam, dilengkapi dengan ranjang serta meja. Bahkan untuk kost yang target pasarnya yang ekonomi menengah ke atas menyediakan fasilitas yang lengkap seperti alat pendingin ruangan. Tetapi terdapa beberapa yang menyediakan kamar kosongan untuk diisi sesuai keinginan penyewa.

Pemilik cukup memasang "Menerima Kost" didepan gerbang kostnya. Serta harus aktif menjaring pasar, seperti menyebarkan informasi menerima kost ke berbagai media. Bisa dilakukan dengan cara memberikan kelonggaran dalam waktu pembayaran dan mempertahankan harga lama bagi penghuni lama, hal ini bisa dilakukan sebagai alternatif untuk memasarkan usaha kost-kostannya.

Baca Juga: Menilik Bisnis Kos-Kosan Milik Tjokroaminoto!
 

Lokasi, Pengelolaan dan Harga

Lokasi menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Selain dekat dengan kampus dan kantor, diusahakan memilih akses yang mudah dijangkau untuk ke daerah lain. Kost-kostan yang berada di dekat kampus dan kantor yang membuat kost-kostan tidak pernah kosong.


Pengelolaan kos dilakukan rutin agar mempertahankan kebersihan area kost-kostan sekaligus menjaga keamanan kost. Harga sewa kost umumnya dipatok mulai harga Rp200.000 tetapi tergantung dari besarnya kamar yang disewa, bahkan terkadang harga sekian tersebut belum termasuk uang listrik dan lainnya.

Menjalankan bisnis tidak bisa sembarangan, jika menjalankan dengan terburu-buru bisa terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan kegagalan dalam bisnis. Tips agar terhindar dari kegagalan bisnis kost-kostan diantaranya: