Lagi Viral Rojali-Rombongan Jarang Beli yang Bikin Rugi Bisnis Kedai Kopi

Like

Cara Untuk Menangani Rojali

Sebenarnya, para pelaku bisnis kedai kopi sudah bersiasat untuk menangani hal semacam ini. Beberapa diantaranya mengatur WiFi kafe agar memiliki batasan waktu, biaya tambahan untuk mereka yang men-charger barang elektroniknya, hingga menempel poster bernada sindiran.

Beberapa diantara kedai kopi lainnya juga memberikan arahan untuk barista dan pelayannya berlaku tegas. Pemilik meminta mereka untuk langsung menegur mereka yang duduk lama tanpa membeli satu produk pun.

Agus Arya juga mengungkapkan kalau saja dirinya pernah memberikan opsi menu kopi bayar seikhlasnya. Akan tetapi, pelaksanaanya juga belum maksimal. Akhirnya, dia harus putar otak kembali untuk mencari cara agar tidak terus merugi.

Baca Juga: Butuh Ide buat Isi Waktu Liburan Sekolah? Cobain One Day Trip Yuk!
 

Seharusnya Para Customer Memiliki Kesadaran

Mereka yang menjadi rojali biasanya adalah kalangan mahasiswa. Seringkali, sekelompok mahasiswa memang harus berhemat agar dapat bertahan hidup hingga akhir bulan. Hal ini pun sebenarnya sudah diketahui juga oleh para pemilik kedai kopi. Akan tetapi, salah satu pangsa pasar yang terbuka lebar untuk jenis bisnis ini adalah di wilayah sekitar kampus.

Yang cukup mengejutkan bagi para pelaku bisnis kedai kopi mungkin adalah kejadian seperti ini terus berulang. Beberapa seakan tidak jera sebelum mendapat teguran keras. 


Kedai kopi sebenarnya jadi tempat yang biasa digunakan untuk berdiskusi atau bekerja. Belakangan juga sering muncul istilah work from cafe (WFC). Akan tetapi, sebagai pelanggan seharusnya kita juga memiliki kesadaran untuk melakukan pembelian. Karena sebuah kedai kopi juga perlu memperoleh pendapatan untuk operasional toko hingga menggaji para karyawan.

Kalau Be-emers bagaimana melihat fenomena ini?









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung