Butuh Ide buat Isi Waktu Liburan Sekolah? Cobain One Day Trip Yuk!

One Day Family Trip (Sumber gambar: Canva)

One Day Family Trip (Sumber gambar: Canva)

Like

Memasuki masa liburan anak sekolah adalah waktu yang tepat untuk merencanakan liburan keluarga nih Be-emers.

Mengapa kita harus meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga, alasannya adalah karena selain bisa mempererat tali persaudaraan, liburan bareng keluarga juga bisa meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga.

Tidak selalu yang namanya liburan itu hanya sekedar bermain saja, tetapi dari liburan juga kita bisa mendapatkan ilmu atau informasi baru lho

Berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata one day trip untuk keluarga yang bisa dipilih untuk mengisi waktu liburan sekolah yang tentunya sangat bermanfaat. 

Baca Juga: Rupiah Makin Loyo, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Liburan di Dalam Negeri saja!
 

Walking Tour & Short Hiking Trip/Canva

Walking Tour & Short Hiking Trip/Canva



1. Walking Tour 

Ingin mencoba jalan-jalan sambil mendengarkan sejarah suatu tempat? Walking Tour bisa menjadi pilihan salah satu destinasi wisata keluarga nih.

Walking Tour berkonsep open trip dengan banyak pilihan rute yang cenderung mengedepankan lokasi yang memiliki sejarah.

Meskipun open trip, tur ini biasanya membatasi peserta agar informasi terkait sejarah bisa tersampaikan dengan baik kepada seluruh peserta tur.

Be-emers bisa menggunakan #walkingtour atau "wisata jalan kaki" di laman pencarian untuk mendapatkan informasi seputar tur ini.

Untuk biayanya, tur ini rata-rata tidak mematok harga tinggi, bahkan ada yang menggunakan cara 'pay as you wish' jadi kamu bisa membayar sesuai dengan pengalaman seru yang kamu dapatkan. 
 

Museum Trip/Canva

Museum Trip/Canva

 

2. Dari Museum ke Museum 

Pilihan kedua kegiatan mengisi waktu liburan bareng keluarga yakni Museum Date atau berkunjung ke semua museum yang ada di kota tempat tinggal kita.

Baca Juga: Destinasi Geowisata Unik Asal Purbalingga Ini Wajib Kamu Kunjungi!

Kegiatan ini bisa kamu rencanakan bareng keluarga dengan mencari tahu terlebih dahulu ada berapa jumlah museum yang ada di kota mu dan menentukan rute awal hingga rute akhirnya.

Kegiatan ini bisa menjadi lebih seru jika kamu menyelipkan games berhadiah yang pertanyaannya berkaitan dengan informasi-informasi tentang museum yang akan dikunjungi dengan begitu dijamin anak-anak akan bersemangat belajar di masa liburannya. 
 

Fun at the zoo/Canva

Fun at the zoo/Canva


3.  Fun at the Zoo 

Menghabiskan waktu di kebun binatang juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata keluarga. Selain bisa melihat aneka satwa secara langsung, anak-anak juga bisa mendapatkan informasi seputar satwa dan belajar tentang ekosistem, habitat serta hal lainnya yang bisa kita dapat di kebun binatang.

Beberapa kebun binatang juga menyediakan area baby zoo yang bisa kita kunjungi untuk berfoto, memberi makan langsung, dan mendengarkan kisah dari para ranger bayi-bayi hewan yang menggemaskan itu lho. 
 

Piknik di Taman Kota/Canva

Piknik di Taman Kota/Canva

 

4. Piknik di Taman Kota 

Ingin berwisata tapi males terjebak di kemacetan atau keramaian pengunjung? Mungkin ide piknik di taman kota bisa menjadi solusi.

Saat ini hampir di setiap kota memiliki ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk rekreasi atau sekedar bersantai.

Kamu bisa mempersiapkan perlengkapan seperti tikar, peralatan makan dan menu makanan untuk disantap bersama ketika rekreasi di taman. Perlu diingat jika ingin melakukan piknik di taman kota pastikan tetap menjaga kebersihan dan ketertiban ya. 
 

Bandung Tour on Bus(Bandros)/IG.bus bandros

Bandung Tour on Bus(Bandros)/IG.bus bandros