Inilah Daftar Miliarder yang Jadi Semakin Kaya di Masa Pandemi

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Situasi pandemi seperti ini memang menimbulkan dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan, begitu juga dalam bidang bisnis.

Tidak sedikit pebisnis yang mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya. Bahkan, ada yang memilih untuk menutup atau mengganti usahanya.

Atau ada juga yang justru baru mencoba dunia bisnis setelah kehilangan lahan pekerjaannya di tempat yang lama. Mereka mencoba melihat adanya peluang mencari uang secara maksimal. Akibatnya, dunia bisnis pun ikut-ikutan tidak stabil.

Dibalik kesulitan yang dialami banyak pebisnis akhir-akhir ini, ternyata ada lho beberapa miliarder yang justru menjadi semakin kaya.

Para miliarder di Amerika Serikat justru mendapatkan dampak positif dari masa pandemi ini. Dikutip dari Bisnis.com, kekayaan mereka bahkan berlipat ganda sebesar US$565 miliar sejak 18 maret. Total kekayaan mereka jika digabungkan bisa mencapai US$3,5 triliun,


Pernyataan tersebut diambil dari suatu kajian di awal bulan Juni yang telah diterbitkan oleh lembaga think thank Institut Studi Kebijakan (IPS) yang berbasis di Washington D.C. dan kelompok advokasi yang berbasis di Florida, America For Fair Taxation. Hasil kajian ini dipublikasikan melalui Indian Express pada Senin (29/06).

Dengan penilaian real-time milik Forbes Global Billionaires List, inilah daftar para miliarder Amerika Serikat dari sektor teknologi yang jadi semakin kaya terhitung sejak tanggal 18 Maret 2020.
 

1. Jeff Bezos (CEO Amazon)

Kekayaan yang dimilikinya telah bertambah hingga mencapai US$36,2 miliar.
 

2. Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)

Kekayaannya telah mengalami lonjakan lebih dari US$30 miliar.
 

3. Elon Musk (Pendiri SpaceX, Tesla Motors, dan Paypal)

Kekayaan miliknya telah mengalami peningkatan sebesar US$ 15 miliar selama tiga bulan terakhir sejak 18 Maret.
 

4. Sergey Brin dan Larry Page (Pendiri Google)

Sama seperti Elon Musk, kekayaannya meningkat sebesar US$15 miliar.
 

5. Steve Ballmer (Mantan CEO Microsoft Coorporation)

Kekayaannya juga telah meningkat sebesar US$15 miliar.
 

6. Eric Yuan (Pendiri dan CEO Zoom)

Kekayaannya mengalami peningkatan tajam hingga mencapai US$2,58 miliar.
 

7. Walton Family: Jim, Alice, dan Rob Walton (Pemilik Walmart)

Kekayaan yang dihasilkan masing-masing saudara yang dicap sebagia keluarga terkaya ini menghasilkan sekitar US$3 miliar hingga 19 Mei lalu.

Selain dari sektor teknologi, para pemilik usaha ritel online juga mengalami peningkatan kekayaan di masa pandemi ini. Ada beberapa miliarder di luar Amerika Serikat yang mengalami kenaikan pada kekayaan mereka.

Colin Huang Zheng, pemilik raksasa belanja untuk kelas sosial bahah China bernama Panduoduo juga telah mengalami keuntungan dalam dua bulan terakhir. Ada juga Amancio Orgeta, pemilik ritel Spanyol bernama Zara, juga mengalami pemulihan kekayaan setelah mengalami penurunan di awal masa pandemi.

Walaupun beberapa miliarder menjadi semakin kaya, ternyata tidak sedikit dari golongan orang kaya ini mengalami guncangan ekonomi di masa pandemi ini.

Tercatat sebesar 51% menjadi lebih miskin dibandingkan kekayaan mereka di tahun lalu. Terdapat 1.062 miliarder mengalami penurunan kekayaan, bahkan sejumlah 267 orang telah keluar dari daftar miliarder.