Tips Memilih Modal Usaha yang Menguntungkan

Like

Menggunakan modal pribadi, investor, dan utang

Sebenarnya tidak ada aturan baku bagi pebisnis untuk harus menggunakan modal yang mana, namun, beberapa ahli keuangan menyarankan sebagai berikut:

Awal membangun bisnis, sebaiknya menggunakan modal pribadi terlebih dahulu. Jika jumlahnya terlalu kecil, bisa menjual aset yang dimiliki oleh pebisnis tersebut. Namun disarankan untuk tidak menghabiskan 100 persen jumlah uang dan aset yang dimiliki, atau, tetap harus bijak dalam menggunakan modal. 

Dengan menggunakan modal pribadi ini, pebisnis tersebut bisa uji coba pasar, mencari pengalaman, mengasah kemampuan, mendapatkan data (data penjualan, data keuangan, data catatan untung dan rugi), dan fokus mengembangkan bisnis terlebih dahulu.

Baca Juga: Memilih Modal Usaha, Pilih Dana Pribadi atau Pinjaman Bank?

Bisnis mulai berkembang, jika kondisi bisnis sudah mulai berkembang dan mantap, produk sudah diterima dan dibutuhkan pasar, catatan keuangan sudah ada, dan catatan keuntungan (dan kerugian) juga sudah ada, dan di saat yang bersamaan, permintaan pasar juga terus meningkat, baru inilah saatnya pebisnis menggaet investor. 


Ini karena untuk mendapatkan investor, akan semakin mudah jika pebisnis tersebut sudah punya pengalaman dan data yang lengkap.

Bisnis semakin berkembang, jika bisnis semakin berkembang dan masih kekurangan modal, lalu keuntungan yang didapatkan jauh melebihi bunga yang akan dibayarkan jika utang, maka baru disarankan untuk menambah modal dengan utang.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung