Punya Mental Lemah, Kenali 5 Keunggulan Gen Z di Dunia Kerja!

Gen Z Memiliki Mental Lemah di Tempat Kerja! Kenali 5 Keunggulannya di Dunia Kerja (Sumber Gambar: Canva)

Gen Z Memiliki Mental Lemah di Tempat Kerja! Kenali 5 Keunggulannya di Dunia Kerja (Sumber Gambar: Canva)

Like

Generasi Z atau gen Z akhir-akhir ini menjadi sorotan para masyarakat karena sering mendapatkan stigma negatif di tempat kerja. 

Label lemah, mudah menyerah, dan tidak tahan banting kerap disematkan kepada mereka. Anggapan bahwa gen z memiliki mental yang lemah adalah stereotip yang tidak akurat atau bahaya.

Faktanya, beberapa gen Z di luar sana cenderung memiliki banyak potensi dan etos kerja yang tinggi. 
 

Keunggulan yang Dimiliki Gen Z dalam Dunia Kerja

Berikut beberapa alasan mengapa stereotype bahwa gen Z memiliki mental lemah di tempat kerja perlu dipertanyakan. Padahal, gen Z dikenal memiliki banyak keunggulan, lho!
 

1. Melek Teknologi 

Gen Z termasuk generasi yang lahir dari tahun 1997-2012, oleh karena itu gen z lebih terbiasa dengan perkembangan teknologi dan informasi digital dibandingkan generasi sebelumnya. 

Hal tersebut, yang membuat gen z lebih jago untuk mencari, mengolah informasi, dan mampu beradaptasi dengan cepat terutama di dunia kerja yang serba digital ini.
 

2. Punya Pemikiran Out of The Box

Gen z terkenal dengan pikiran yang kreatif dan out of the box. Hal ini didukung oleh mudahnya gen z untuk mengakses berbagai sumber informasi. 


Gen z juga cenderung memiliki rasa ketertarikan untuk bekerja sama dengan orang lain, terutama di dunia kerja. Hal tersebut, dapat membantu mereka mendapatkan ide dan perspektif baru sehingga,  mendorong pemikiran yang kreatif, inovatif, dan out of the box.
 

3. Etos Kerja

Dilansir dari beberpa sumber, sebanyak 32% gen z merasa mereka adalah pekerja keras kalau ditempatkan di lingkungan yang tepat. Gen z juga mampu beradaptasi terhadap perubahan dan situasi yang baru dengan cepat terutama di lingkungan kerja. 

Mereka sangat senang untuk mempelajari hal-hal baru dan memiliki cara tersendiri untuk mengatasi kesulitan yang ada di lingkungan kerja.
 

4. Work Life Balance

Gen z memang sangat menghargai adanya work life balance atau keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Bahkan hal tersebut sudah menjadi ciri khas mereka di dunia kerja, karena gen z cenderung lebih fokus terhadap kesehatan mental dibandingkan generasi sebelumnya.

Mereka lebih sadar untuk menerapkan work life balance agar mereka tidak stres atau burn out di dunia kerja. Mereka percaya bahwa dengan menjaga kesehatan mental dan memiliki waktu untuk kehidupan pribadi, mereka dapat menjadi karyawan yang lebih produktif dan loyal.
 

5. Mandiri

Gen Z umumnya dikenal sebagai generasi yang mandiri. Mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi, menggunakan teknologi, belajar mandiri, dan memiliki rasa percaya diri. 

Kemandirian ini dapat membantu mereka untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan dunia profesional di tempat kerja.

Berdasarkan fakta dan penjelasan di atas, kamu masih setuju enggak kalau gen z cenderung lemah di tempat kerja? 

Sebenarnya, setiap generasi pasti memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Kita tidak boleh menggeneralisasi gen z dengan stereotip lemah tanpa tahu fakta dari setiap masing-masing individu. 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung

Mau upgrade skill seputar finansial, keuangan, investasi hingga jurnalistik? Gabung kelasnya di Bisnis Muda Academy