Mending Punya Bisnis Patungan atau Sendiri? Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Like

 

Business illustration - Image: Canva

Business illustration - Image: Canva



Risiko & Tips Bisnis Patungan

Meski kamu punya partner yang akan memudahkan kamu dalam memecahkan masalah, risiko dalam berbisnis tetap bisa muncul lho. Soalnya, menjalani bisnis patungan, artinya kita juga harus bisa menyesuaikan pemikiran satu sama lain.

Beberapa hal yang bisa memicu adanya risiko dalam bisnis patungan antara lain seperti komunikasi yang buruk, terlalu percaya, masalah keuangan, dan kesepakatan yang enggak jelas.

Menjalani bisnis patungan, apalagi bareng teman atau saudara, tentunya jadi tantangan tersendiri karena kadang percampuran emosi di dalamnya. Alhasil, bisnis patungan kamu pun jadi cenderung enggak profesional deh.

Nah, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan biar bisa terhindar atau menghadapi risiko bisnis yang dijalani secara patungan. Dikutip dari Bisnis.com, berikut tips untuk bisnis patungan yang bisa kamu coba:
  • Sebelum memulai bisnis patungan, tentukan kejelasan di awal. Misalnya, apa saja yang harus disepakati bareng partner bisnismu, modal, tujuan usaha, dan sebagainya.
  • Penyelarasan atau penyesuaian dengan partner kamu. Bisa dari segi etos kerja, pengambilan keputusan, dan pengembangan ide bisnis.
  • Tetap perhatikan etika dalam berbisnis, kayak komitmen, kepedulian, tanggung jawab, dan kepercayaan. Jangan sampai, karena sudah saling kenal, kalian menyepelekan etika dalam berbisnis ya.
  • Terakhir adalah komunikasi. Ini adalah hal kecil yang sama sekali enggak boleh kamu sepelekan. Soalnya, komunikasi merupakan kunci dari suksesnya suatu hal yang dibangun secara bersama, termasuk dalam bisnsi patungan.